Pasar Cipanas Gelar Khitanan Massal dan Santunan

FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Pekan Hari Besar Islam (PHBI) Tahun Baru Muharram 1441 Hijriyah, Pasar Cipanas menggelar program rutin khitanan massal dan santunan kepada ratusan anak yatim. Kegiatan ini bertujuan merekatkan silaturahim antara para pedagang dengan seluruh warga, dan unsur yang ada di Cipanas, Minggu (15/9).

Ketua pelaksana kegiatan, Sadidudin Al Busyairi mengatakan, kegiatan sosial yang dilakukan seluruh pengurus dan jajaran pasar Cipanas ini merupakan kegiatan yang ke-lima kalinya. Dalam kurun waktu setiap tahun sekali, pihaknya menggelar khitanan massal dan santunan bagi anak yatim.

“Tahun ini Alhamdulillah ada peningkatan, dengan peserta khitan sebanyak 45 anak, dan santunan sebanyak 200 lebih yatim yang ada di Kecamatan Cipanas bahkan di luar Cipanas seperti Ciranjang,” terangnya kemarin.

Kegiatan ini menurutnya, menjadi suatu acuan antara para pedagang Pasar Cipanas dengan beberapa unsur yang ada didalamnya.

Sehingga menambah kekompakan dan kerjasama yang baik. Jadi kepedulian para pedagang terhadap warga sekitar, yang notabene pasar pemerintah dan pasar penyumbang terbesar PAD Kabupaten Cianjur bisa menggelar acara sosial seperti ini.

“Alhamdulillah kami bisa membantu dan peduli terhadap warga sekitar Cipanas. Para peserta yang datang juga semua antusias dan merasa senang,” ujarnya.

Dudin, begitu ia disapa menambahkan, beberapa acara yang dilaksanakan pada PHBI tahun ini selain menggelar santunan dan khitanan, berbagai macam jenis kesenian Sunda seperti lengser, pawai budaya sunda, juga hiburan islami mewarnai perayaan PHBI.

“Kami kemas acaranya itu seperti hajatan. Karena ini kan menjadi hajatan bagi para yatim dan anak-anak yang dikhitan. Tetapi dibalut unsur Islam, karena kan ini acara Pekan Hari Besar Islam (PHBI),” jelasnya.

Dudin mengatakan, ini merupakan program semua unsur yang ada di Pasar Cipanas. Dananya pun semua atas swadaya dan para donatur dari seluruh unsur yang ada di pasar serta diluar warga pasar. Bahkan untuk khitanan, ada yang menyumbang dari donatur di luar pasar.

“Alhamdulillah beberapa tamu undangan juga turut hadir. Dari pemerintah Kabupaten Cianjur, beberapa dinas terkait, juga unsur Muspika yang ada di Kecamatan Cipanas,” tambahnya.

Ia berharap, dengan pelaksanaan PHBI tahun ini, pihaknya bisa menjadi terobosan dan peningkatan untuk tahun depan. Bahwa yang tahun sekarang harus lebih baik lagi di tahun nanti.

“Iya, Alhamdulillah acaranya berjalan lancar, bahkan beberapa peserta ada peningkatan, semoga tahun depan bisa lebih lagi,” tukasnya.

PLT Kepala UPTD Pasar Cipanas, Eti Sumiati menambahkan, meskipun dirinya masih beberapa hari menjabat di pasar Cipanas, tetapi sangat mengapresiasi dan merasa bangga. Karena di pasar Cipanas ini memiliki program yang sangat baik dan rutin setiap tahunnya.

“Mudah-mudahan kegiatan baik ini bisa terus berjalan. Jangan sampai tersendat. Semoga tahun depan bisa lebih baik lagi, bahkan santunan serta khitanannya pun bisa terus bertambah,” kata Eti.

(dan)