Herman Suherman Mendaftar Balonbup ke PDIP?

MENDAFTAR: Plt Bupati Cianjur Herman Suherman (BHS) serahkan berkas pendaftaran ke Ketua DPC PDI Perjungan Cianjur, semalam. Foto : PDIP Cianjur For Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Petahana Plt Bupati Cianjur Herman Suherman (BHS) akhirnya mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon bupati (balonbup) ke DPC PDI Perjuangan Cianjur, Rabu (18/9) malam.

Meski sebelumnya BHS panggilan akrabnya sempat menolak jika dirinya akan mendaftarkan diri ke partai politik (parpol), dan memilih untuk dipinang oleh parpol dengan alasan selain Petahana juga masih fokus menjalankan program pemerintah yang akan diembanya hingga 2020.

“Masih jauh dan terlalu pagi untuk membahas pilkada, sekarang fokus menjalankan program pemerintahan,” kata Herman saat dimintai komentarnya oleh Radar Cianjur, kemarin sore.

BHS pun belum mengungkapkan parpol yang akan menghantarkannya menuju pertarungan pilkada 2020. Bahkan, dirinya mengatakan, belum ada dari partai serta pihak manapun yang ditujunya.

Pantauan Radar, Plt Bupati BHS justru pada Rabu (18/9) malam mendatangi kantor DPC PDI Perjuangan Cianjur di Jalan KH Abdullah Bin Nuh sekitar pukul 20.00 WIB dengan didampingi enam orang tim dan pengawal pribadinya. BHS justru malah menyerahkan formulir pendaftaran sebagai bakal calon Bupati Cianjur melalui PDI Perjuangan.

Pengembalian berkas pendaftaran secara mendadak dan dilakukan tertutup. Dengan dikembalikannya berkas pendaftaran, maka BHS beserta tiga orang balon lainya akan mengikuti penjaringan Balon Bupati Cianjur dari PDI Perjuangan.

Usai mengembalikan berkas Herman Suheraman langsung keluar dari kantor DPC PDI Perjuangan dan pergi dengan menggunakan mobil berwarna putih dengan nomor polisi F 100 YZ.

Saat Radar Cianjur mencoba untuk mewawancarainya Herman menolak untuk memberikan keterangan. “Duh punten-punten masih keneh seureur kaperyogian (Duh maaf-maaf masih banyak keperluan),” kata Herman sambil berlalu.

Ketua DPC PDI Perjuangan, Susilawati mengatakan, Plt Bupati Cianjur mengembalikan berkas pendaftaran di hari ke 18 setelah dibuka pendaftaran penjaringan Balon Bupati.

“Waktu mengambil berkasnya oleh asisten peribadinya pada, Senin (10/9) dan sekarang pengembalian berkasnya langsung oleh yang bersangkutan,” terang Susilawati.

Susi mengatakan, Herman mengembalikan berkas fornulir pendaftaran pada pukul 20.30 Wib dan datang secara mendadak. “Tidak ada pemberitahuan dari awal tau-tau saya dapat kabar malam pak Herman mau mengembalikan formulir,” ujarnya.

Susi membantah jika disebut pengembalian berkas formulir pendaftatan Balon Bupati oleh Herman Suherman dilakukan secara tertutup. “Saya tidak tau diluar pintu keluar dikunci, karena saya fokus pada penerimaan pengembalian berkas dari Herman,” ucap Susi.

Menurut Susi pihaknya akan bersikap adil kepada siapapun Balon Bupati Cianjur yang daftar melalui PDI Perjuangan. “Tidak ada yang dispesialkan, yang pasti objektif, adil dan profesional,” katanya.

Dari tujuh orang tersebut, sudah tiga orang yang sudah mengembalikan formulir yakni drh Cecep, Brigjen Pol (Purn) Drs H Anang Pratanto dan Plt Bupati Herman Suherman.

Batas waktu untuk pendaftaran hingga pengembalian formulir untuk pilkada 2020 di DPC PDIP Cianjur hingga 20 September 2019 mendatang. “Jadi tahapan pendaftaran kan sudah dimulai, untuk batas waktunya hingga nanti tanggal 20 September 2019. Empat orang sisanya kita tunggu sampai tanggal 20 nanti,” tutupnya.

(dil/kim)