Mobile JKN Lebih Mudah dan Praktis

bpjs kesehatan

RADARCIANJUR.com – Perkembangan teknologi yang cepat dan dinamis menyuguhkan kemudahan yang mendukung keseharian masyarakat. Salah satunya dalam pelayanan publik, masyarakat sudah banyak terbantu dengan teknologi informasi atau pelayanan yang dengan mudah dapat mereka akses melalui gawai (gadget) atau smartphone yang dimiliki.

Bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) ada aplikasi Mobile JKN yang menyediakan berbagai kemudahan pelayanan JKN-KIS. Kemudahan – kemudahan pelayanan yang dapat diakses melalui aplikasi ini diantaranya untuk mendaftar dan mengubah data kepesertaan, mengetahui informasi data peserta dan keluarga, mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, kemudahan mendapatkan pelayanan di faskes dengan adanya KIS Digital, serta untuk menyampaikan pengaduan atau keluhan.

Kemudahan dan praktisnya layanan melalui aplikasi Mobile JKN diakui oleh salah satu peserta JKN-KIS, Harry Purnama (37) yang merupakan warga Kelurahan Cibatu Kecamatan Cibatu Kabupaten Sukabumi. Sebelumnya Harry datang ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi untuk mengurus perpindahan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) keluarganya terdaftar.

Setelah memperoleh informasi dan dibantu oleh petugas tahapan demi tahanpannya, mulai dari download, register dan validasi, Harry pun mencoba memanfaatkan fitur-fitur layanan yang ada di Aplikasi Mobile JKN dan menyambut baik hadirnya aplikasi ini. Tak dipungkiri oleh Harry kesibukannya sehari – hari bekerja membuatnya mengesampingkan kebutuhan update administrasi kepesertaan JKN-KIS keluarganya, seperti update FKTP dan alamat.

“Saya mengapresiasi dengan terobosan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan dengan adanya aplikasi Mobile JKN ini, ternyata bisa online sekarang, lebih mudah dan praktis ya? pindah fasilitas kesehatan ataupun update alamat rumah bisa lewat smartphone sekarang, selain itu, mudah juga menggunakannya,” tuturnya.

Aplikasi Mobile JKN bagi Harry merupakan salah satu bukti nyata BPJS Kesehatan yang selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk pesertanya. Fitur – fitur yang ada juga membantu peserta untuk lebih aware dan memahami manfaat dari Program JKN-KIS.

“Masyarakat sekarang tidak lepas dari gadget atau handphone, dengan adanya Moble JKN tinggal buka aplikasinya, Informasi mengenai JKN-KIS yang terkini dapat di peroleh di manapun dan kapanpun kita berada, aplikasi yang lengkap untuk peserta JKN-KIS, apa yang dibutuhkan ada, saya pasti akan sampaikan kepada keluarga dan teman – teman saya untuk ikut memanfaatkannya,” pungkas Harry dengan semangat.

(adv/ars)