Pengamat Politik : Herman Suherman Belum Tentu di PDIP

MENDAFTAR: Plt Bupati Cianjur Herman Suherman (BHS) serahkan berkas pendaftaran ke Ketua DPC PDI Perjungan Cianjur, semalam. Foto : PDIP Cianjur For Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Mendaftarnya Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman ke DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Cianjur menjadi hal yang tidak terduga. Sebelumnya, orang nomor satu di Kabupaten Cianjur tersebut lebih memilih fokus untuk menjalankan program pemerintahan.

Namun, tanpa diduga-duga, dirinya mendaftarkan ke partai dengan lambang banteng bermoncong putih itu. Hal tersebut tentu tidak menjadikannya akan menjadi salah satu kandidat yang berada di PDIP.

Seperti halnya menurut Pengamat Politik Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur, Cecep Wirahma. Ia mengatakan, pendaftaran Plt Bupati Cianjur tersebut belum tentu berlabuh pada partai tersebut. “Menurut saya itu baru mendaftar dan pastinya nanti ada tahap seleksi,” ujarnya.

Wakil Dekan III Fakultas Hukum (FH) Unsur Cianjur ini pun menambahkan, dalam tahap seleksi tersebut biasanya akan dilihat dari segi elektabilitas dan popularitasnya. Apakah layak atau tidak untuk di partai dari semua ‘pelamar’ yang ada.

Sehingga kedudukannya belum bisa dipastikan untuk nantinya menggunakan jas berwarna merah. “Biasanya kalau sudah daftar belum tentu di partai itu, nanti ada tahap seleksi dari mulai elektabilitas dan popularitas diantara semua pelamar,” tuturnya.

(kim)