Resmi Dilantik, Inilah Para Pimpinan Baru DPRD Cianjur Periode 2019-2024

DEFINITIF: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cianjur, Ganjar Ramadhan akhirnya dilantik dihadapan seluruh anggota dewan lainnya kemarin. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Ganjar Ramadhan resmi dilantik untuk menjadi Ketua DPRD Kabupaten Cianjur periode 2019-2024. Penguatan peran dewan dalam pemerintahan pun menjadi target utama untuk membangun Cianjur yang lebih baik.

Resminya politisi muda itu sebagai pemegang kursi pimpinan tertinggi di DPRD Kabupaten Cianjur setelah digelarnya pelantikan melalui Sidang Paripurna yang turut dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah dari mulai Plt Bupati Cianjur hingga Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cianjur, Jumat (20/9).

Selain Ganjar, ada tiga anggota yang mengisi kursi wakil Ketua dewan juga turut dilantik, yakni Wilman Singawinata dari Fraksi PKS, Deden Nasihin dari Fraksi Partai Golkar dan Abdul Azis dari Fraksi Partai NasDem. “Beberapa pekan lalu sudah diusulkan nama-nama pimpinan berdasarkan dari rekomendasi masing-masing parpol peraih suara terbanyak. Surat tersebut sudah dibalas dengan keluarnya SK dari pemprov sudah diterima pada Jumat (13/9) lalu, sehingga hari ini dijadwalkan pelantikan pimpinan definitif,” ujar Sekretaris DPRD Kabupaten Cianjur, Aris Haryanto.

Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Ganjar Ramadhan, menuturkan, dengan kepercayaan dan amanah sebagai pimpinan, dirinya mengingatkan agar semua anggota legislatif untuk mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Ia juga mengajak semua anggota untuk memperkuat komitmen, memperkokoh sinergitas agar terlaksana kinerja yang saling berkesinambungan, sehingga dewan bisa turut berkontribusi secara maksimal untuk pembangunan demi masyarakat Cianjur.

“Mulai dari sekarang, kita perkokoh sinergitas bersama dan berkomitmen untuk mewujudkan pembangunan daerah yang seutuhnya demi masyarakat yang sejahtera dan Cianjur yang lebih maju,” tuturnya.

Lanjutnya, agenda selanjutnya akan membahas mengenai tatib yang saat ini masih ada usulan-usulan dari fraksi. Setelah itu diparipurnakan dan dibamuskan.

Prosesnya pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) masih menunggu surat dari provinsi, dimungkinan pada hari Senin akan dibahas terkecuali belum ada terganjal dari fraksi lain.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, mengharapkan dengan telah dilantiknya pimpinan DPRD definitif, kinerja dewan bisa segera berjalan secara optimal dan terus bersinergi dengan pemerintah daerah untuk pembangunan ke depan. “Semoga eksekutif dan legislatif bisa terus bersinergi demi Cianjur yang lebih maju dan agamis,” jelasnya.

Dirinya pun menambahkan, pihaknya pun ingin selaras dalam pembangunan, kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Serta yang harus difokuskan adalah mengenai indeks pembangunan manusia (IPM).

Pembangunan insfrastruktur pun yang sebelumnya sudah dibangun harus dilanjutkan, pasalnya hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja. Namun perlu peran serta dari berbagai pihak seperti DPRD. “Tentunya ini tidak bisa oleh pemerintah saja, tentunya harus bersama-sama dengan DPRD,” tutupnya.(kim)