Runner Up Terbaik, Indonesia U-16 Lolos ke Piala Asia U-16 2020

Timnas Indonesia vs China dalam laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (22/9/2019).

RADARCIANJUR.com – Timnas U-16 Indonesia memastikan lolos ke Piala Asia U-16 sebagai runner-up terbaik usai menahan imbang atas Tiongkok U-16 pada laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (22/9/2019).

Pada tiga laga sebelumnya, Indonesia menang 4-0 atas Filipina, 15-1 atas Kepualauan Mariana Utara, dan 8-0 atas Brunei.

Adapun China menang 7-0 atas Brunei, 6-0 atas Filipina, dan 15-0 atas Kepulauan Mariana Utara.

Timnas U-16 Indonesia sementara menempati peringkat teratas dalam daftar klasemen sementara runner-up terbaik. Indonesia mengoleksi 7 poin, karena poin melawan Kepulauan Mariana Utara tak dihitung karena ada grup yang ditempati empat grup, sedangkan di Grup G ditempati lima tim.

Indonesia memang masih rentan digeser oleh Oman yang baru akan bermain melawan Arab Saudi, pada tengah malam WIB nanti. Jika Oman menang, maka Indonesia akan tergeser ke peringat kedua klasemen runner-up.

Akan tetapi, hal itu tak memengaruhi status lolos Indonesia ke Piala Asia U-16 2020 yang digelar di Bahrain. Saat ini baru Indonesia dan Uzbekistan yang memastikan diri lolos ke Piala Asia.

Negara Asia Tenggara, seperti Vietnam, Thailand, dan Laos juga berjuang untuk lolos melalui jalur runner-up terbaik. Namun, Thailan yang berada di peringkat ke-4, klasemen runner-up terbaik masih rentan digeser oleh Oman.

Sedangkan Malaysia gagal lolos setelah bermain imbang 2-2 atas Jepang dan menempati peringkat ke-3 dalam klasemen terakhir kualifikasi Grup J.

(dep/*)