Ezechiel Cetak 2 Gol, Persib Tumbangkan Persipura

Ezechiel dan Febri. Foto : Radar Bandung

RADARCIANJUR.com – Kemenangan sukses diraih Persib dalam laga tandang menghadapi Persipura Jayapura. Tiga Poin diamankan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (23/9) sore usai menutup laga dengan skor 1-3. Dua gol Ezechiel N’douassel dan tambahan satu gol Febri ‘Bow’ Hariyadi hanya bisa dibalas satu penalti Titus Bonai.

Maung Bandung memulai laga dengan memasang Supardi di pos bek tengah mengisi absennya Achmad Jufriyanto yang terkena sanksi akumulasi kartu. Selain itu Omid Nazari juga tidak bermain di laga ini karena kabarnya kondisinya tidak fit. Tandem Hariono dan Dedi Kusnandar pun menjadi pilihan di lini tengah.

Persib menekan di awal laga dengan melepas ancaman lewat kaki Kevin Van Kippersluis di menit 8. Umpan panjang Ardi Idrus ia terima dengan baik usai lepas dari jebakan offside namun arah sepakannya tepat ke penjaga gawang. Begitu pun percobaan dari Titus Bonai dari Persipura yang bisa dihentikan Made.

Peluang terbuka kembali didapat Kippersluis di menit 15 dalam posisi one on one dengan kiper. Sepakan Vizcarra mampu diblok bek dan bola liar lalu jatuh ke kaki pemain asal Belanda ini. Mengelabui Andri Ribeiro, Kippersluis tinggal melesakan bola, tapi Dede Sulaiman masih sigap menghentikan peluang Persib.

Jual beli serangan terus terjadi dari kedua kesebelasan, tapi gol baru hadir menit 39. Persib lebih dahulu berhasil memecah kebuntuan lewat tandukan Ezechiel N’douassel. Umpan tendangan bebas Kippersluis dari jauh ditanduk Ezechiel yang bisa lepas dari penjagaan Ricardo Salampessy.
Sayang keunggulan Persib tidak bertahan lama setelah tim tuan rumah menyamakan angka sebelum turun minum. Supardi melakukan handsball di kotak penalti untuk menghentikan tendangan Titus Bonai. Tibo sendiri yang maju sebagai eksekutor dan dia cukup tenang untuk menaklukan Made Wirawan.

Maung Bandung langsung tancap gas memasuki babak kedua dengan mencetak gol cepat. Umpan Dedi Kusnandar dari jauh bisa cepat dikejar Ezechiel untuk melakukan solo run menembus pertahanan lawan. Meninggalkan bek-bek lawan, sepakan keras mendatar dia menembus sela-sela kaki kiper dan membawa timnya unggul.

Persib pun mencoba untuk menjaga ritme serangan mereka supaya tetap terus menekan. Esteban Vizcarra yang mulai loyo diganti Ghozali Siregar yang masih punya tenaga untuk memberi ancaman pada pertahanan Persipura. Hasilnya Persib tidak memberi ruang bagi tuan rumah untuk mengembangkan permainan.

Ezechiel nyaris menciptakan hattrick di menit 70 ketika mampu melewati sergapan Dede Sulaiman yang keluar dari sarang. Tapi sepakan pelannya ke gawang yang sudah kosong gagal mengasilkan gol, namun Salampessy masih sanggup melakukan clearance tepat pada garis gawang.
Usaha terus-menerus dari Persib baru menghasilkan gol lagi di menit 73. Febri Hariyadi dan Ghozali Siregar melakukan counter attack cepat ke pertahanan Persipura. Febri dengan kecepatan tingginya melewati Salampessy dan Oh Inkyun sebelum menaklukan kiper dan membawa timnya unggul 3-1.

Di akhir pertandingan, Ghozali yang baru masuk harus ditarik keluar lagi karena matanya bermasalah. Bola tendangan Salampessy mengenai wajahnya dan Frets Butuan pun dimasukan. Tak ada gol tambahan tercipta hingga peluit panjang berbunyi dan tambahan tiga poin sukses dikantongi Persib.

(net)