Aksi Mahasiswa Unsur Cianjur Tolak RKUHP dan RUU KPK

MENOLAK: Sejumlah mahasiswa Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur melakukan aksi tidak setuju mengenai pengesahan Revisi KUHP dan Revisi UU KPK. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Penolakan terhadap revisi KUHP dan revisi UU KPK di sejumlah daerah oleh elemen mahasiswa dari berbagai universitas memuncak pada hari ini. Bahkan beberapa diantaranya turun langsung menuju gedung DPR RI di Senayan, Jakarta.

Seperti halnya mahasiswa lainnya, mahasiswa dari Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur pun melakukan hal yang sama.

Sejumlah mahasiswa dari berbagai fakultas di Unsur melakukan aksi di lingkungan universitas dari mulai pintu masuk berjalan hingga ke titik kumpul di lapangan universitas.

Meski tidak mendapatkan izin untuk turun ke jalan, pihaknya tetap berupaya untuk menyuarakan penolakan tersebut di lingkungan universitas. Namun, beberapa diantaranya sudah berangkat menuju Senayan, Jakarta.

Selain menyuarakan penolakan, beberapa diantaranya melakukan penggalangan dana untuk pendanaan mahasiswa yang berangkat untuk menyusul rekan mahasiswa lainnya yang sudah berangkat.

“Mungkin yang pertama kenapa kami di lapang, seperti kita ketahui kemarin ada kejadian yang kurang enak bagi mahasiswa sehingga kami menjaga agar tidak terjadi kembali kejadian yang serupa. Kita pun sebagai mahasiswa Unsur itu santun dalam mengungkapkan pendapat,” ujar Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Unsur Cianjur, Ari Kurniawan, Selas (24/9/2019).

Lanjutnya, pihaknya pun selaku BEM KM ingin mewadahi mahasiswa Cianjur agar tidak diam dan hanya berkoar-koar saja. Setidaknya dengan adanya aksi ini bisa berdoa serta memberikan dukungan kepada mahasiswa yang sedang berjuang di Senayan.

Selain menggelar aksi di Unsur Cianjur, beberapa mahasiswa direncakan akan datang ke Senayan untuk bergabung dengan mahasiswa lainnya.

Meski menggelar aksi hanya di lapang, namun pihaknya pun melakukan aksi di media sosial dengan membuat tagar agar menjadi tranding topik dan diikuti oleh lainnya.

“Ada beberapa rekan mahasiswa yang akan berangkat menuju Senayan dan bergabung dengan mahasiswa dari universitas lainnya,” tuturnya.

Tentunya dengan aksi tersebut menjadi dorongan dan menunjukan eksistensi mahasiswa Cianjur terkait apa yang terjadi saat ini. Meskipun yang dilakukan hanya di lingkungan kampus, namun hal tersebut turut membantu dalam memperjuangkan suara rakyat.(kim)