Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, PLN UP3 Cianjur Gempur Tunggakan Pelanggan

RADARCIANJUR.com – Upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. PLN UP3 Cianjur melaksanakan apel pelepasan gempur tunggakan di halaman Kantor PLN UP3 Cianjur, Selasa (23/11).

Acara apel pelepasan gempur tunggakan tersebut dihadiri 164 personil, 27 pengawas dan pendamping dari seluruh unit PLN UP3 Cianjur serta perwakilan anggota Kodim 0608 Kabupaten Cianjur.

Dengan tagline Gempur Tunggakan, “Kami Siap Menuju Nihil. Bagi Kami PLN: Terbaik, Sinergi, Profesional, Komit, Satu, Maju, Andal ” seluruh petugas bersorak dan penuh semangat menghiasi acara tersebut.

Manager PLN UP3 Cianjur, Kuswantono mengatakan, ada dua hal poin penting tujuan digelarnya giat gempur tunggakan ini. Pertama untuk mengedukasi masyarakat agar tertib membayar listrik tepat waktu sehingga masyarakat di bulan berikutnya tidak ada lagi tunggakan, sedangkan poin kedua yakni untuk meningkatkan pendapatan pajak pemerintah daerah, yang tentunya berdampak pada pembangunan.

“Inti dari pelaksanaan ini sebagai wujud antisipasi menyelamatkan keuangan negara dan mengedukasi 43.797 pelanggan (Masyarakat) Cianjur yang masih memiliki tunggakan pembayaran,” ujarnya.

Dampak dari penunggakan pembayaran listrik mengakibatkan pendapatan PLN tertunda. Sehingga pembangunan Kabupaten Cianjur akan mengalami keterlambatan. Sebab PLN adalah satu-satunya perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang kontribusi pajaknya terbesar kepada Pemerintah Daerah Kebupaten Cianjur.

Sambung Kuswantono, seluruh tim petugas, pengawas dan pendamping seluruh unit PLN UP3 Cianjur, teknis pelaksanaan kegiatan gempur tunggakan ini, nantinya mereka mendatangi rumah-rumah pelanggan dan memberikan edukasi terhadap masyarakat untuk segera melakukan pembayaran melaui ATM Bank mitra, loket PLN, PT POS, serta minimarket terdekat.

“Pelanggan (Masyarakat) tidak harus datang langsung ke PLN untuk melakukan pembayaran, pelanggan bisa membayar melalui ATM Bank mitra, minimarket, dan loket-loket yang bekerjasama dengan PLN UP3 Cianjur,” sambungnya.

Kuswantono berharap adanya imbauan resmi dari pemerintah daerah melalui Bupati Kabupaten Cianjur untuk sama-sama bertekad menjadikan Kabupatenn Cianjur sebagai Kabupaten pertama yang terbebas dari tunggakan.

“Dengan terbebas dari tunggakan maka kontribusi pajak PLN dengan sendirinya meningkat, tumbuh dan berkembang. Pasalnya, jika menunggak pembangunan ikon wisata serta ikon kuliner, tidak akan bisa dibangun. Karena modalnya yakni dengan melunasi tunggakan. Maka dari itu, mari kita bersama-sama membangun Kabupaten Cianjur untuk lebih maju dan berkembang lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Bupati Cianjur Herman Suherman mengimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat Cianjur agar membayar tagihan rekening listrik tepat pada waktunya. “Saya imbau agar masyarakat membayar tagihan listrik tepat waktu, paling lambat tanggal 20, karna dari PLN sendiri membayar PAD Kabupaten Cianjur supaya lancar. Sebab sekecil apapun tagihan listrik itu berdampak pada percepatan pembangun di Kabupaten Cianjur,” tegasnya.

(hry)