Warga Naringgul Swadaya Bangun Masjid

RADARCIANJUR.com –Warga kampung Cibodas RT 02 RW 08, Desa Naringgul, Kecamatan Naringgul secara swadaya merehab bangunan masjid jami At-Taqwa. Masjid tersebut menjadi satu-satunya rumah ibadah di situ.

Bangunan masjid itu sendiri sudah cukup lama berdiri dan sempit berukuran 8 x 9 meter lantaran sebagaian terkena pelebaran jalan nasional Bandung-Cianjur, Naringgul-Cidaun.

Warga pun berinisiatif secara swadaya merehab mesjid dengan memanfaatkan tanah wakaf dari salah seorang warga setempat. Nantinya, bangunan masjid akan 12 x 14 meter.

Selain itu, masjid akan dilengkapi dengan halaman serta tempat parkir yang cukup luas.

Ketua Dewan Kesejahteraan Mesjid (DKM) Solihin (43) mengatakan, atas kesepakatan bersama warga, pihakya akhirnya membentuk panitia pembangunan untuk memulai pengerjaan.

“Alhamdulillah, secara swadaya masyarakat ditambah bantuan dari dermawan, baik yang dari daerah juga luar daerah, pembangunan sudah mulai bisa dilaksanakan. Seperti memasang pondasi, pengecoran tiang dan plat beton,” katanya, Rabu (25/9).

Kendati demikian, dana yang terkumpul itu diyakininya tak akan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan. Karena itu, pihaknya berharap ada bantuan dai pemerintah.

“Diperkirakan anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp500 juta. Mudah-mudahan dapat bantuan dari pemerintah,” katanya.

Sekretaris DKM, Dedang (35) menambahkan, untuk menghemat anggaran, pembangunan dilakukan secara gotong royong bersama warga.

“Jadi waktu kerjanya sudah dibagi rata, semua warga kebagian. Kecuali untuk orang yang sudah benar-benar tua atau sakit, tidak diikutkan,” tuturnya.

Pihaknya juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang sudah ikut membantu dalam pembangunan masjid tersebut.

“Mudah-mudahan, proses pembangunan bisa tepat waktu,” pungkasnya.(jay)