Janji Pecat Pegawai Disdukcapil yang ‘Bermain’ dengan Calo

Plt Kadisdukcapil Kabupaten Cianjur, M Sidiq El Fatah

RADARCIANJUR.com – Ramainya calo yang menawarkan jasa di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, membuat geram masyarakat. Terlebih bagi mereka yang akan membuat kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dan sejumlah dokumen administrasi kependudukan lainnnya.

Sebelumnya, beredar calo yang terang-terangan menawarkan jasa tersebut di media sosial (medsos) di lini massa Facebook.

SEMAKIN BERANI: Calo di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) tak ragu-ragu menawarkan jasa pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (KTP el) di Medsos. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

Menanggapi hal tersebut, Plt Kadisdukcapil Kabupaten Cianjur, M Sidiq El Fatah mengatakan, dirinya lebih memiliki kewajiban terhadap pengawasan stafnya. Bukan mengurusi calo yang sudah ada sebelum kepemimpinannya.

Bahkan urusan calo tersebut di luar kedinasan, juga tidak melarang para calo yang menawarkan jasa tersebut. Untuk menandingi calo tersebut, pihaknya sudah menyediakan program pelayanan satu hari jadi atau one day service.

“Saya lebih memiliki kewajiban untuk memagar staf di Disdukcapil dengan aturan dan tidak berkerjasama dengan calo,” ujarnya.

Sidiq berjanji, pihaknya akan bertindak tegas dengan tidak akan memberikan akses terhadap para calo dalam melakukan aksinya. Pasalnya, hal tersebut dapat merugikan masyarakat dan juga Disdukcapil.

“Imbauan-imbauan yang disampaikan kepada masyarakat tidak pernah henti-hentinya kami lakukan. Agar masyarakat yang mengurus dokumen adiministrasi kependudukan apapun, aga melalui prosedur,” tuturnya.

Pihaknya juga berjanji akan bertindak tegas kepada pegawai Disdukcapil jika memang kedapatan bekerjasama dengan calon. Bukan saja diperingatkan. Kalau memang cukup berat akan dipecat.

“Secara tegas saya tidak akan memberikan akses kepada mereka (calo), karena permasalahan seperti ini dari kepemimpinan sebelum saya. Jika ada karyawan maupun staf yang bermain, akan kita tindak. Dari mulai peringatan hingga dipecat,” tegasnya.

(kim)