Smart SIM Siap Diluncurkan

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Kepolisan Republik Indonesia (Polri) akhirnya meluncurkan Smart SIM bertepatan dengan HUT Lalulintas Bhayangkara ke-64. Inovasi tersebut saat ini akan mulai didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia, seperti halnya Kabupaten Cianjur.

Namun tunggu dulu, meski sudah resmi dan siap disebar, saat ini masih perlu adanya penyesuaian serta pembaharuan peralatan untuk pembuatan Smart SIM tersebut.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Adhimas Sriyono Putra mengatakan, Smart SIM saat ini di Jawa Barat belum didistribusikan. Pasalnya, bahan SIM sebelumnya masih tersedia dan harus habis terlebih dahulu.

Selain itu, di Polres Cianjur juga masih memerlukan pembaharuan untuk peralatan pembuatan Smart SIM.

“Saat ini di Jabar belum, harus menghabiskan bahan SIM sebelumnya terlebih dahulu. Disini (Polres Cianjur, red) juga perlu pembaharuan,” ujarnya kepada Radar Cianjur.

Sementara masyarakat yang memiliki SIM lama tidak menjadi masalah dan masih berlaku. Pemegang SIM lama juga tidak harus membuat SIM baru saat Smart SIM sudah tersedia.

Bagi pemegang SIM lama, bisa memiliki Smart SIM jika masa berlaku SIM yang lama sudah habis. Dengan kata lain, bisa memiliki Smart SIM saat mengurus baru.

“Tidak masalah kalau masih dengan SIM lama, tetap masih berlaku dan kalau sudah habis baru beralih ke Smart SIM,” paparnya.

Di Jawa Barat, khususnya Kabupaten Cianjur sendiri Smart sim akan hadir pada bulan November 2019 mendatang. Untuk biaya pembuatan Smart SIM sama dengan pembuatan SIM pada umumnya. Hanya saja ada perbedaan dari bentuk dan kegunaannya yang multi fungsi.

Selain bisa sebagai alat pembayaran seperti e-money, Smart SIM yang nantinya sudah terintegrasi dengan salah satu bank bisa menjadi kartu anjungan tunai mandiri (ATM).

“Kalau Smart SIM kan ada chipnya, beda seperti SIM sekarang. Nanti bisa digunakan untuk membayar tol dan sebagainya sepeti e-money. Bahkan nanti kalau sudah ada kerjasama dengan salah satu bank, bisa jadi kartu ATM juga,” tutupnya.

(kim)