IJTI Dorong Peningkatan Kapasitas UMKM

DISKUSI: Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Cianjur menggelar kegiatan peningkatan kapasitas UKM. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Cianjur menggelar sosialisasi peningkatan kapasitas pengelolaan koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah, di Sekretariat IJTI di Bojongherang, Jumat (27/9).

Kegiatan tersebut digelar dengan menggandeng Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindagin) Kabupaten Cianjur.

Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan di bidang koperasi serta memberikan solusi dalam menghadapi kendala-kendala dalam mendirikan serta memulai usaha.

“Kegiatan ini merupakan peningkatan kapasitas pengelolaan koperasi dan UMKM. Diharapkan UMKM itu bisa meningkatkan pengetahuan di bidang koperasi maupun usahanya,” ujar Kasi Koperasi Diskoperindagin Kabupaten Cianjur, Teguh Budiyono.

Lanjutnya, kendala-kendala yang dihadapi UMKM meliputi sisi pemasaran, permodalan dan perizinan. Selain itu faktor sumber daya manusia (SDM), manajemen dan kemampuan wirausaha juga kerap ditemukan.

“Ketika akan memulai usaha harus diskusi antar pelaku usaha dengan dua jaringan, sehigga bersama-sama membantu seperti yang kita lakukan saat ini. Yaitu berdiskusi untuk kemandirian di samping kesibukan sebagai jurnalis,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua IJTI Korda Cianjur, Rendra Gozali mengatakan, pada dasarnya kegiatan kerjasama dengan Disperindagin ini adalah bagian dari program kerja IJTI Korda Cianjur.

“Di saat waktu luang diisi kita dengan dialog mengenai kewirausahaan, sehingga bisa berkembang gagasan-gagasan dari pribadi masing-masing,” ungkapnya.

Yang saat ini dibutuhkan adalah memanajemen UMKM ataupun membuat koperasi untuk memberikan pemahaman kepada anggota IJTI.

Kedua, lanjutnya, di era digital ini, agar bisa memulai UMKM yang mampu bersaing serta berkolaborasi serta menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan zaman serta tepat target.

“Itu target kami, agar setiap anggota IJTI Korda Cianjur ini bisa membangun UMKM. Selain tetap menjalankan kewajibannya dalam kerja-kerja kejurnalisan,” jelasnya.

Harapannya, ilmu yang didapat bisa diterapkan sehingga bisa ikut membangun perekonomian. Minimal di sekitar tempat tinggal anggota IJTI Korda Cianjur.

“Teman-teman ini tidak hanya sebagai jurnalis, tapi dibangun juga jiwa enterpreneurnya,” pungkas Redra.

(kim)