Gali Potensi Pariwisata Cipanas

RADARCIANJUR.com – Wilayah Cipanas sudah cukup dikenal dengan berbagai kawasan wisata yang luar biasa. Akan tetapi, masih harus terus ditata, dikelola, dibenahi dan dipelihara potensi alam serta unsur lainnya.

Plt Camat Cipanas, Firman Edi mengatakan, ada beberapa program kaitan dalam upaya menggali potensi wisata di Cipanas ini. Seperti Cipanas resik, Cipanas hijau yang memang sudah bergulir di beberapa tahun sebelumnya itu akan terus dipertahankan.

Bahkan ditambahkan dengan tata kelola administratifnya yang lebih baik.

“Jadi aset wisata seperti Cibodas, agrobisnis yang ada di Sindangjaya, Gunung Gede Pangrango, itu akan kami kembangkan dengan cara merangkul unsur kepemudaan di wilayahnya masing-masing dalam hal pengelolaan K3 atau semisal dengan perparkirannya,” kata Firman.

Dengan begitu, lanjut Firman, pengolalaan sejumlah tempat wisata tersebut, bisa lebih terakomodir baik pendapatan asli desa masing-masing, maupun pemberdayaan sumber daya manusianya itu sendiri.

Sehingga potensi yang ada, bukan hanya sekedar pendapatan bagi pemilik usaha, tetapi bisa bermanfaat bagi masyarakat di wilayah tersebut.

“Kami memberikan saran kepada para pemuda di wilayah masing-masing melalui desa, agar bisa sama-sama menggali potensi yang ada dengan cara yang tadi disampaikan untuk memberikan dinamika masyarakat yang lebih maju,” tukasnya.

Selain potensi wisata, tata kelola management pemerintahan desa pun kini akan diberikan pemahaman dan sosialiasi kaitan penggunaan dana desa. Semisal, dengan diberlakukannya ekspose di kecamatan, setelah digulirkannya APBDes. Sehingga segi administratifnya lebih terarah dan baik.

“Mudah-mudahan dengan program seperti itu, ketika ada kekurangan, pemerintah desa bisa terbantu oleh pihak kecamatan dalam hal pengelolaan administrasinya,” ujarnya.

Sementara itu, Pemerhati Lingkungan, M Ridwan menuturkan, pihaknya berharap ingin terus mengembangkan citra Cipanas sebagai objek tujuan wisata yang paling penting. Bahkan bukan hanya nasional, tetapi internasional.

“Kita semua tahu keadaan yang nyata sekarang Cipanas ini masih ada yang harus ditata, makanya saya akan tetap kembali bersama-sama dengan seluruh unsur masyarakat agar Cipanas bangkit dan terus menggeliat,” ujarnya.

Berbagai upaya pun dalam waktu dekat akan terus digalakkan dengan mengembangkan Cipanas sebagai objek tujuan wisata hingga Internasional. Tentunya ini harus diiringi dengan berbagai pembenahan secara bertahap.

“Cipanas resik, hijau itu harapan saya. Maksudnya Cipanas ini memiliki destinasi wisata unggulan seperti Cibodas, Taman Nasional Gunung Gede, hingga Agropolitan yang harus selalu dirawat dan menjadi lokasi pilihan wisatawan menarik,” kata Ridwan.

Berbagai pengembangan destinasi wisata alam, lanjut Ridwan, akan menjadi salah satu fokus bersama. Ini demi pemembangunan Cipanas yang begitu identik dengan pariwisata.

“Ini menjadi sorotan kita semua. Kami ingin Cipanas terus menjadi salah satu Objek Destinasi Tujuan Wisata (ODTW) andalan nasional,” ujarnya.

Menurutnya, tentu pengembangan pariwisata itu mesti melibatkan semua unsur. Baik lembaga pemerintah yang berada di Cipanas seperti Istana Presiden, TNGGP, dan unsur pemerintah desa masing-masing.

Tak hanya itu organisasi masyarakat dan kepemudaan pun akan dilibatkan demi mendorong pembangunan pariwisata Cipanas.

“Kalau Cipanas tetap terjaga, pasti bisa meningkatkan kesejahtraan dan pendapatan masyarakat. Dulu di Cidaun saja bisa, dan Cipanas pun harus bisa,” pungkasnya.(dan)