PAUD Dahlia Asah Motorik Anak Lewat APE

SEMANGAT: Siswa-siswi PAUD Dahlia tengah mengikuti pembelajaran alat permainan educatif.

RADARCIANJUR.com – Guna meningkatkan perkembangan anak sejak usia dini. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dahlia mengadakan program pembelajaran Alat Permaiman Educatif (APE).

Kepala PAUD Dahlia, Erni Hary Susanti menuturkan, pada dasarnya anak memang berada dalam masa bermain. Oleh karena itu, dalam hal ini yang dibutuhkan bukanlah alat pembelajaran atau alat peraga melainkan alat permainan untuk mendukung kegiatan bermainnya.

“APE ini bisa disebut sebagai media pembelajaran ataupun alat peraga,” katanya.

APE merupakan salah satu program yang diterapkan di setiap PAUD. Tujuannya adalah untuk membantu dan menstimulasi enam aspek perkembangan anak usia dini, diantaranya adalah nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional dan seni.

“Karena anak usia dini jika dilihat dari segi ketangkasan masih sangat bagus untuk menangkap sesuatu hal, khususnya yang ada didepan mereka. Untuk memperkuat ketangkasan mereka salah satunya diasah melalui APE ini,” ujarnya.

Erni menambahkan, pada hakikatnya kegiatan belajar mengajar adalah suatu proses komunikasi atau penyampaian pesan dan proses komunikasi harus diciptakan atau diwujudkan melalui kegiatan penyampaian tukar menukar pesan-pesan atau informasi oleh setiap guru dan peserta didik.

“Yang dimaksud pesan dapat berupa pengetahuan, keahlian, ide pengalaman dan lainnya. Selain itu, bahwa pesan atau informasi tersebut disampaikan dalam bentuk ide, fakta arti dan data termasuk dalam salah satu sumber belajar yang membantu memecahkan masalah belajar,” pungkasnya.(riz)