Kemarau Selama 5 Bulan, Pelajar dan Guru SMK Az-Zarkasyih Gelar Shalat Istiqo

SMK Az-Zarkasyih Gelar Shalat Istiqo

RADARCIANJUR.com – Ratusan pelajar, guru, pegawai dan pengasuh SMK Az-Zarkasyih menggelar shalat Istiqo di lapangan sekolah, sebelum memulai kegiatan belajar mengajar (KBM), yang biasanya digelar shalat Dhuha, Jumat (4/10).

Hal itu dilakukan guna memohon turunnya hujan. Pasalnya, sejak lima bulan terakhir, kemarau tahun ini sangat berdampak kepada warga.

Salah seorang guru SMK Az-Zarkasyih, Rijal Fazari (39) mengatakan, shalat Istiqo ini dilakukan agar peserta didik lebih mendekatkan diri kepada Sang Pemilik Musim sekaligus berikhtiar sebagaimana ajaran Islam.

Sekaligus lantaran musim kemarau yang menyebabkan kekeringan di Kecamatan Leles yang dalam lima bulan terakhir cukup parah berdampak.

“Sebab warga juga sekarang sudah kesulitan mendapatkan air bersih. Harapannya agar segera diturunkan hujan,” tuturnya.

Salah satu pengurus Yayasan Az-Zarkasyih (YAZ), Sadullah Saad (31) menambahkan, sebelumnya pihaknya lebih dulu berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk pelaksanaan shalat Istiqo tersebut.

Diantaranya Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Leles dan para sesepuh setempat. “Selain sebagai pembelajaran sejak dini kepada peserta didik, juga agar lebih mendekatkan diri kepada Allah,” ungkapnya.

Selain itu, juga untuk memberikan kesadaran akan pentinganya menjaga hubungan baik antara alam dan manusia. Jika kesadaran tersebut bisa tumbuh, maka kelestarian alam pun bisa tetap terjaga.

“Kasihan para santri jauh ambil air ke kali Cisokan yang sudah mengering. Belum lagi harus buru-buru agar tidak ketinggalan saat akan mengaji,” pungkasnya.(jay)