Dua Warga Kanoman Tertimbun Longsor

EVAKUASI: Aparat dibantu warga saat evakuasi korban tertimbun longsor di Kampung Rawa RT 01/11, Desa Kanoman Cibeber, Selasa (8/10) petang.

RADARCIANJUR.com – Longsor terjadi di Kampung Rawa, Desa Kanoman, Kecamatan Cibeber, Cianjur, Selasa (8/10) petang. Dua orang dikabarkan tewas tertimbun longsor.

Camat Cibeber Ali Akbar membenarkan telah menerima informasi dari warga terkait longsor yang melaporkan kejadian tersebut dan dirinya langsung menuju lokasi kejadian.

“Dari informasi warga melaporkan ada longsor di Desa Kanoman, saya langsung menuju lokasi kejadian dan informasinya pihak BPBD Kabupaten Cianjur pun sudah menuju lokasi,” ujar Ali melalui sambungan telepon yang dihubungi Radar Cianjur, semalam.

Beberapa pihak pun sedang melakukan upaya evakuasi terhadap dua orang warga yang jadi korban akibat longsor tersebut.

Pasalnya keduanya dikabarkan sedang berada di dalam rumah. Lokasi rumah warga tersebut berada di bawah tebing, bahkan beberapa warga mengurungkan niat untuk membantu.

Warga pun menunggu bantuan dari pihak BPBD Kabupaten Cianjur untuk melakukan evakuasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Warga tidak ada yang berani mendekat, karena posisi rumah di lokasi kejadian tepat berada di bawah tebing, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Saat dilakukan proses evakuasi di lokasi kejadian terkendala kurangnya penerangan akibat kondisi di tempat kejadian gelap. “Saat ini lagi diupayakan proses evakuasi,” ujar Ali.

Ali pun akan menginformasikan kembali perkembangan terkini mengenai kejelasan korban yang tertimbun longsoran tersebut.

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Dody Permadi membenarkan kejadian longsor tersebut dan timnya sedang menuju lokasi untuk upaya evakuasi korban dan sterilisasi lokasi kejadian.

“Sudah ada tim menuju ke lokasi longsor, saat ini akan kita lakukan evakuasi serta sterilisasi daerah,” tuturnya.

Sementara itu, informasi dihimpun, personel Polri, TNI, BPBD dan PMI Cianjur dan relawan berjibaku untuk mengevakuasi korban di dalam timbunan. Ada sekitar tiga rumah warga yang tertimbun.

“Kondisi rumah korban tertimbun tebing sawah di bagian belakang rumah. Proses evakuasi masih kita lakukan. Ada tiga Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di tiga rumah di sekitar lokasi kejadian, korban yang meninggal dua orang,” ujar Kepala Markas PMI Cianjur Herry Hidayat terpisah.

(kim/dil)