Pilkades Tujuh Desa Siap Digelar

DILANTIK: 32 panitia pemilihan kepala desa (pilkades) dari tujuh desa dilantik di aula Desa Sukamulya.

RADARCIANJUR.com – Pemilihan kepala desa (pilkades) sudah akan dimulai. Sejumlah desa mulai melakukan persiapan, seperti pembentukan panitia.

Seperti yang dilakukan di Desa Sukamulya, Senin (7/10). Sebanyak 32 orang panitia dari tujuh desa dilantik yang turut dihadiri oleh Camat Sukaluyu, Danposmil Sukaluyu, Kapolsek Sukaluyu, Ketua BPD, Pjs Kades Sukamulya dan tokoh masyarakat.

Panitia tersebut diambil sumpah dan janjinya sebagai panitia yang akan melaksanakan demokrasi di tingkat desa sebagai bentuk pemilihan kepala desa yang jujur dan adil.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Usep Syukur Amirulloh mengatakan, pihaknya mendukung digelarnya pilkades yang akan dilaksanakan di tujuh desa tersebut.

“Atas dilantiknya para panitia pilkades semoga dalam melaksanakan tugas nanti bisa sesuai tupoksi masing-masing,” ujarnya.

Dirinya pun menitipkan pesan kepada para panitia yang sudah dilantik agar menjaga netralitas tanpa mendukung salah satu calon kepala desa dan menjunjung tinggi kejujuran.

Sementara itu, Pjs Kades Sukamulya, Agus Sumpena mengungkapkan, atas dilantiknya panitia pilkades ini bisa menjalankan tugas sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

“Pada pilkades ini, panitia harus mengusahakan menjaring calon kades sebanyak-banyaknya atau maksimal lima calon kades, karena di Desa Sukamulya ini setiap gelaran pilkades hanya diikuti dua calon saja,” tuturnya.

Pihaknya pun berharap, di pilkades ini selain sebagai mencari pemimpin yang bisa memajukan desa juga bisa memberikan pembelajaran bagi masyarakat mengenai demokrasi di tingkat desa.(kim)