Tingkatkan Sinergi Membangun Negeri, PLN UP3 Cianjur Gelar Customer Gathering

PLN UP3 Cianjur Gelar Customer Gathering

RADARCIANJUR.com – Upaya meningkatkan sinergi dengan pelanggan. PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cianjur mengadakan kegiatan Customer Gathering yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Le Eminence Cipanas, Selasa (8/10).

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri oleh Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto, Dandim 0608/Cianjur Letkol INF Rendra Dwi Ardhani, Kajari, Kepala Pengadilan Negeri Cianjur, serta jajaran lainnya.

Manajer PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cianjur, Kuswantono mengatakan, tujuan diadakan customer gathering ini adalah meningkatkan intimacy dengan pelanggan supaya PLN lebih bisa memahami pelanggan dan mewujudkan harapan-harapan dari pelanggan maupun stake holder.

“Kami selalu berupaya meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan apalagi kepada pelanggan Tegangan Menengah (TM) yang merupakan penyumbang penjualan terbesar PLN. Untuk itu kami sangat konsen dengan kepuasan pelanggan tersebut,” jelasnya usai kegiatan.

Adapun jumlah pelanggan tegangan menengah daya diatas 200 kVA atau TM sebanyak 85 pelanggan dengan total daya 79, 5 MVA atau 12,34 persen dengan total penjualan hingga September 2019 sebesar 13.253.394 kwh, atau 17,5 persen terhadap penjualan kwh total.

“Total Pelanggan di Cianjur kini mencapai 663.959 pelanggan. Dengan total daya sebesar 644,7 MVA, 75 jt kwh,” tambahnya.

Kuswantono menjelaskan, dalam kaitannya, di Kabupaten Cianjur ini masih didominasi pelanggan tarif R dengan jumlah pelanggan 92,98 persen terhadap pemakaian kwh sebesar 63 persen atau 47 jt kwh dari total penjualan kwh sebesar 75 jt kwh. Adapun untuk pelanggan bisnis dan industri jumlahnya baru mencapai 3.7 persen dengan total penjualan kwh 31 persen.

“Untuk pendapatan rupiah yakni sebesar 13,9 M dari total 69,6 M atau 20 persen total pendapatan,” jelasnya.

Kuswantono mengatakan, sejumlah upaya terus dilakukan PLN UP3 Cianjur, di antaranya dengan melakukan peningkatkan kehandalan yaitu kegiatan perang padam, pembangunan jaringan baru, pelayanan pelanggan premium dan termasuk penambahan gardu induk baru.

“Rencana penambahan gardu induk di Kabupaten Cianjur di antaranya Gardu Induk Cianjur 2 di Mande di Tahun 2020, serta Gardu Induk Tanggeung Cod Tahun 2021,” pungkasnya.(dan)