Warga Kanoman Dihantui Longsor Susulan

Rumah warga di Kampung Cirawa, Rt 01/10, Desa Kanoman rusak tertimbun longsor. Foto Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sejumlah warga yang menjadi korban longsong di Kampung Cirawa, Rt 01/10, Desa Kanoman, Kecamatan Cibeber belum bisa, kembali ke rumah masing-masing alias mengungsi. Mereka memilih tinggal di sanak saudara.

Camat Cibeber Ali Akbar mengatakan bahwa hingga kini, belum ada hasil asesmen dari BPBD warga disarankan agar jangan dulu memperbaiki rumah mereka yang rusak.

“Saya sarankan agar warga mengungsi dulu takut nanti terjadi lagi longsor susulan,”kata Ali Akbar saat mendata korban longsor (9/10).

BACA JUGA : Korban Longsor di Kanoman Sepasang Pengantin Baru, Ditemukan Tewas Dalam Posisi Berpelukan

Ali mengatakan selain berada di lereng bukit, kondisi tanah di Kampung Cirawa, Rt 01/10, Desa Kanoman, labil, sehingga dapat dimungkinkan longsor susulan bisa terjadi.

“Kami tidak bisa memaksa, hanya bisa menyarnkan untuk sementara tinggal ditempat yang lebih aman,”katanya.

Ali mengatakan, jauh hari sebelum kejadian longsor yang mengakibatkan tiga rumah rusak dan menewaskan pasangan pengantin baru itu, pihaknya melalui para kepala desa telah melakukan sosialisasi terkait bahaya longsor yang mungkin saja terjadi setelah kemarau panjang.

“Warga telah disarankan, jika mereka yang berada dilereng bukit atau di perbukitan jika hujan deras agar mengungsi ke rumah sanak saudara yang lokasinya lebih aman,”kata Ali

Ali memgatakan, sosialisasi yang dilakukan ke warga merupakan tindak lanjut dari imbauan BMKG yang memprediksi bahwa awal musim hujan akan terjadi di bulan Oktober.

“Selain disarankan mengungsi warga juga diharuskan untuk kembali mengaktifkan siskamling,”kata Ali.

(dil)