Polres Cianjur Punya Kang Bhabin

RADARCIANJUR.com – Pasca peristiwa penusuka Menkopolhukam Wiranto, jajaran kepolisian Resor Cianjur mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas serta meningkatkan patroli.

Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto mengatakan, saat ini pihaknya membuat terobosan dengan mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas dengan membuat logo Kang Bhabin.

“Dari satuan Satlantas Polres Cianjur telah selesai melaksanakan kegiatan pembuatan icon Kang Bhabin,” kata Kapolres, Jumat (11/10).

Juang mengatakan, ada beberapa simbol dalam logo Kang Bhabin yang mengandung arti. Lambang padi menggambarkan kemakmuran atau kesejahteraan sekaligus menjadi ciri khas Cianjur sebagai daerah penghasil beras.

Sedangkan ikat kepala bermotif batik bergambarkan merah putih merupakan kearifan lokal yang tetap mengedepankan rasa nasionalisme atau persatuan dan kesatuan Indonesia.

Sementara polisi berpapan nama ‘Bhabin’ menunjukan bahwa polisi yang di dalam logo merupakan Bhabinkamtibmas. Tulisan ‘Polres Cianjur’ menunjukan logo tersebut adalah milik Polres Cianjur.

“Background hijau menandakan bahwa Cianjur memiliki tanah yang subur,” jelasnya.

Tulisan ‘Pocil Desa Ok’ ‘safety riding ok’ merupakan program unggulan yang digagas Kapolres Cianjur tentang pembentukan Pocil Desa dan Safety Riding yang diemban Bhabinkamtibmas.

“Agar menjangkau hingga ke pelosok desa terpencil, demi menanamkan etika berlalu lintas dari usia dini dan tata cara berkendara yang berkeselamatan,” ujar Kapolres.

(dil)