Sulit Hamil Karena Berat Badan Berlebih, Berikut 3 Cara yang Bisa Dilakukan

RADARCIANJUR.com – Ada banyak faktor yang dapat menghambat seorang wanita untuk bisa hamil, salah satu di antaranya adalah obesitas. Tak sedikit masyarakat yang menganggap bahwa wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas tidak bisa hamil.

Jika saat ini Anda memiliki berat badan berlebih dan merencanakan kehamilan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

1. Menurunkan berat badan

Langkah ini diperlukan agar terjadi kehamilan sehat dan terhindar dari komplikasi kehamilan pada ibu yang mengalami obesitas. Lakukan penurunan berat badan dengan cara yang sehat dan bertahap. Penurunan berat badan yang dianjurkan adalah sekitar 5 persen dari berat badan saat ini.

2. Olahraga rutin

Selain bisa membantu menurunkan berat badan, olahraga yang dilakukan secara teratur juga dapat membantu menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh.

3. Konsultasi dokter

Sebelum memulai program kehamilan, Anda lebih baik konsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan dapat diketahui jika ada kondisi medis tertentu di dalam tubuh. Sehingga, program kehamilan bisa optimal.

Kesimpulannya, mengatakan wanita dengan obesitas tidak bisa hamil itu kurang tepat. Faktanya, wanita dengan berat badan berlebih diketahui lebih sulit hamil dibandingkan dengan wanita dengan berat badan normal.

Peluang terjadinya kehamilan tetap ada, tetapi perlu usaha lebih dengan cara menurunkan berat badan dan rutin ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar kehamilan bisa tercapai, sehat sepanjang kehamilan, dan terhindar dari komplikasi.

(jpnn)