RSUD Cimacan Raih Akreditasi Utama

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cimacan

RADARCIANJUR.com – Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) memberikan Akreditasi Utama kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cimacan.

Rumah sakit yang terletak di Utara Cianjur atau tepatnya di Cimacan Kecamatan Cipanas ini mendapat akreditasi bintang empat, setelah melalui proses akreditasi snars versi I di tanggal 17 sampai dengan 20 September 2019, kemarin.

“Tadinya kami berharap bisa mendapatkan bintang lima atau berakreditasi Paripurna. Tetapi sangat bersyukur sudah mendapatkan nilai utama ini,” ujar Ketua Tim Akreditasi sekaligus Ketua Komite Medik Rumah Sakit, dr. Paul Jonatan, saat ditemui Kamis (17/10).

Pada proses akreditasi ini menurut dr. Paul Jonatan, wajib dilakukan setiap tiga tahun sekali. Bahkan yang masih bintang satu atau akreditasi Pratama pun mesti melakukan penilaian selanjutnya.

Lebih lanjut dr Paul Jonatan mengatakan, setelah beberapa lalu melaksanakan proses akreditasi rumah sakit snars versi I, pihaknya diwajibkan memenuhi standart yang harus dilakukan. Dan akhirnya RSUD Cimacan pun bisa memenuhi 16 standart yang mesti dipenuhi.

“Jadi setiap 3 tahun sekali itu akan dilakukan penilaian. Tapi setiap tahun pun akan dilakukan verifikasi,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) RSUD Cimacan, dr. H. Dharmawan S.D., MARS, mengatakan, ke depannya RSUD Cimacan akan terus melakukan upaya pelayanan secara modern. Salah satunya dengan pelayanan digital, agar bisa memudahkan masyarakat dalam proses layanan kesehatan di RSUD.

“Jadi setelah akreditasi Utama ini kami raih, seluruh karyawan bisa lebih semangat dan memberikan pelayanan yang lebih prima kepada seluruh masyarakat,” ujarnya.

Dia berharap, Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di RSUD Cimacan ditambah. Pemkab telah menunjuk RSUD Cimacan ini sebagai etalase pelayanan dari rumah sakit daerah lainnya yang ada di Kabupaten Cianjur.

“Arah kami ke depan kalau akreditasi ini bagus terus, kami ingin mendapatkan akreditasi yang lebih lagi. Bahkan kami juga sangat optimis bisa meraih akreditasi tertinggi yakni paripurna,” pungkasnya.

(dan)