Ambil Dari Banprov, Pemdes Cipanas Alokasikan Rp80 Juta untuk Renovasi Kantor Desa

FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas, mengalokasikan sisa dana Bantuan Provinsi (Banprov) Jawa Barat, sebesar Rp80 juta, untuk renovasi kantor desa.

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu kinerja staf desa, supaya pelayanan lebih maksimal dan memudahkan fasilitas kegiatan masyarakat.

Kepala Desa Cipanas, Dadan Busyrol Karim mengatakan, anggaran tersebut diambil dari anggaran Banprov dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp127 juta.

“Sisa anggaran Banprov yang diberikan Pemprov Jabar sebesar Rp80 juta dari Rp127 juta, baru direalisasikan September tahun 2019, dikarenakan baru cair di bulan itu,” kata Dadan.

Dadan mengatakan, bahwa dengan merenovasi kantor desa dapat meningkatkan mutu kinerja para staf kantor desa, serta dapat meningkatkan pelayanan publik.

Menurutnya, pekerjaan merenovasi kantor desa, dilakukan sejak pertengahan bulan September, hingga kini kurang lebih hampir satu bulan. Itu dilaksanakan sebab, ada beberapa bangunan yang dikerjakan. Seperti renovasi ruang pelayanan publik, serta ruangan Kadus, Kaur, dan Kasie desa.

“Renovasi pembangunan desa ini, dilakukan secara bertahap. Hanya untuk sekarang alhamdulillah sudah hampir beres dan tinggal finishing. Pembangunan renovasi kantor desa ini tak luput dari peran serta masyarakat yang telah membantu secara swadaya menyukseskan pembangunan tersebut,” ungkapnya.

Dadan berharap kepada seluruh pihak, baik pemerintak Kabupaten Cianjur, maupun masyarakat setempat untuk terus mendukung berbagai program yang dilaksanakan pemerintah desa untuk menjadi desa yang sejahtera.

Kedepan, ditambahkan Kades, untuk bekas aula di bagian belakang juga akan diselesaikan lagi pembangunan lainnya dari anggaran Pendapatan Asli Desa (PADes). Sehingga pembangunan desa bisa seluruhnya merata.

“Mudah-mudahan dengan pembangunan itu, pelayanan dari pada seluruh perangkat desa bisa lebih bagus, nyaman, dan lebih prima,” pungkasnya.(dan)