Tiga Kampung di Naringgul Belum Teraliri Listrik, PLN Langsung Turun Tangan

PLN Cianjur langsung melakukan survei ke tiga kampung di Desa Wangunsari, Kecamatan Naringgul, yang selama ini belum teraliri jaringan listrik PLN.

RADARCIANJUR.com – PLN Cianjur langsung melakukan survei ke tiga kampung di Desa Wangunsari, Kecamatan Naringgul, yang selama ini belum teraliri jaringan listrik PLN. Paling lambat, warga di daerah tersebut akan mendapatkan pasokan setrum milik negara itu tahun depan.

Informasi yang didapat Radar Cianjur menyebutkan, sejumlah tim dari PLN sudah mendatangi tiga kampung tersebut, yakni Kampung Gunung Empuk, Nagrak, dan Sindangsari. Ditargetkan, pemasangan jaringan listrik akan masuk anggaran program Listrik Desa tahun 2020.

Warga pun mengaku bersyukur dengan rencana tersebut dan berharap bisa secepatnya menikmati listrik dari perusahaan BUMN tersebut.

“Mudah-mudahan tidak lama lagi, sebab kami ingin bisa menikmati listrik dari PLN. Selama ini cuma mengandalkan turbin, apalagi sekarang debit air Singai Cidaun surut karena kemarau,” tuturnya, Minggu (20/10).

Kepala Desa Wangunsari, Sapaat Suanda menyampaikan terimakasih kepada PLN yang cepat merespon kebutuhan masyarakat. Ia juga mengapresiasi media yang mengangkat kebutuhan di desanya itu.

“Alhamdulilah akhirnya doa warga kami sebentar lagi terwujud,” ujarnya.

Manager PLN ULP Tanggeung, Hendra Hidayatulloh menyampaikan, pihaknya bersama Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Provinsi Jawa Barat sudah mendatangi lokasi pada Selasa (19/10) pekan lalu.

Hendar menyatakan, paling lambat Desember 2020 mendatang, ketiga kampung tersebut sudah mendapatkan pasokan listrik dari PLN. “Dengan spesifikasi tiga titik gardu distribusi dengan jaringan tegangan menengah speanjang lima kilometer serta jaringan tegangan rendah sepanjang enam kilometer,” jelas Hendra melalui sambungan telepon selularnya.

Hendra menjelaskan, selama ini warga di tiga kampung tersebut mengandalkan listrik tenaga turbin hibah CSR PT PLN pada 2008 silam dengan memanfaatkan aliran Sungai Cidaun. Namun di musim kemarau, debit air sangat berkurang sehingga memperngaruhi pasokan listrik ke rumah-rumah warga.

“Minta doanya saja dari warga masyarakat Desa Wangunsari supaya pekerjaan berjalan lancar dan tidak ada kendala. Kami juga terimakasih kepada rekan-rekan media yang sudah membantu menginformasikan adanya kampung yang belum teraliri jaringan listrik PLN,” pungkasnya.(jay)