HSN, Wujudkan Santri Unggul dan Berkualitas

Sejumlah santri di Kabupaten Cianjur tengah mengikuti lomba marawis dalam rangka peringati Hari santri Nasional.

RADARCIANJUR.com – Hari Santri Nasional (HSN) merupakan momentum yang sangat luar biasa untuk terlewati. Bahkan sejumlah sekolah maupun pondok pesantren di Kabupaten Cianjur pun ikut berpartisipasi untuk mengikuti parade pawai HSN.

Panitia Pelaksana Kegiatan, Subhan Z.A mengatakan, HSN kali ini terbilang sangat istimewa. Pasalnya, pawai hari santri nasional ini diikuti oleh semua steak holder mulai dari pemerintah daerah,kementrian agama, sekolah,pondok pesantren dan lainnya

“Kamipun disini mengadakan beragam lomba, diantaranya kaligrafi, hadroh, marawis, marhaba, MQK, kategori safinah, serta lainnya,” kata Subhan.

Selain itu, tujuan diadakan lomba tersebut adalah untuk mencari calon bibit unggul dari kalangan santri yang berkualitas dimasa depan agar mereka bisa berdakwah, bersyiar yang mumpuni. Sebab jika diperhatikan banyak juga pelawak yang menjadi ustad dan ustad menjadi pelawak. Sehingga hal tersebut harus difilterisasi.

Subhan menyampaikan, dari adanya pelaksanaan hari santri ini, anak sekolah selalu menjaga kesantriannya karena banyak orang nyinyir dan menganggap bahwa santri itu kumuh.

“Untuk itu, mari kita menjaga kesantriannya,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto mengungkapkan, bahwa perayaan HSN kali ini di Kabupaten Cianjur sangat bagus karena banyak sekali manfaat yang bisa dipetik secara bersama khususnya anak pelajar di Kabupaten Cianjur.

“Bagus, kita isi dengan belajar lebih giat dan mengaji AlQuran jangan sampai putus. Sehingga hati santri kita isi dengan hal-hal yang positif. Selamat HSN semoga kita bisa tetap dan semakin cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Kapolres.

(riz)