Peternakan di Cugenang Terbakar, 17 Ribu Ayam Hangus

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Kebakaran menghanguskan satu kandang ayam di Kampung 18 RT 01 RW 01 Desa Sarampad Kecamatan Cugenang, Sabtu (26/10) malam. Akibat kebakaran itu, sebanyak 17 ribu ayam menjadi lahapan ’si jago merah’.

Pada saat kejadian, warga mendengar suara ledakan sekitar pukul 19.00 WIB. Beberapa warga pun mencari sumber ledakan yang terjadi, ketika melihat cahaya terang benderang, kebarakan tersebut bersumber dari Bohan Food PT SPI.

Sontak warga berbondong-bondong mencoba melakukan pemadaman kandang ayam seluas 50×20 meter persegi tersebut.

Ahmad (23) salah seorang saksi mata yang kebetulan karyawan peternakan sapi di sekitar lokasi menuturkan, dirinya saat itu sedang berjaga, tak berselang lama terdengar suara ledakan yang cukup keras di sekitar perternakan.

”Waktu itu saya lagi jaga, sekitar pukul 19.00 terdengar ledakan dan warga pun berdatangan karena melihat cahaya terang dari kandang ayam yang sepertinya dari tabung gas pemanas kandang,” ujar Ahmad kepada Radar Cianjur.

Bukan hanya itu, warga pun melaporkan kejadian kebakaran ke Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cianjur. Sekitar pukul 20.00 WIB dua unit mobil damkar tiba di lokasi meskipun jalan menuju tempat kejadian sangat sulit dijangkau, namun dua unit mobil damkar tetap berusaha masuk.

Ketika wartawan Radar Cianjur tiba di lokasi, kondisi kandang ayam sudah rata dengan tanah dan masih terlihat titik api yang menyala. Warga bersama damkar pun melakukan pemadaman agar api tidak melebar ke kandang lainnya.

”Sambil nunggu damkar, warga bahu membahu memadamkan api agar tidak melebar ke kandang lain,” ungkapnya.

Kurang dari satu jam, titik api berhasil dipadamkan oleh Damkar Kabupaten Cianjur. Sementara itu Anggota Damkar Kabupaten Cianjur, Nurjanah mengatakan, mengenai kerugian dari kebakaran tersebut masih dalam pendataan.

”Masih kita data mengenai kerugiannya dan api berhasil dipadamkan oleh Damkar Cianjur beserta warga yang juga membantu,” tuturnya.

(kim)