Meski Berat, Timnas Indonesia Harus Menang Lawan Malaysia

RADARCIANJUR.com – Duel Malaysia kontra Indonesia dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G digelar hari ini, Selasa (19/11) di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pukul 19.45 WIB. Belum mampu meraup poin dalam empat pertandingan sebelumnya, berat bagi Garuda untuk menantang Harimau Malaya di kandang lawan.

Sudah empat laga berlalu di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Tim nasional (Timnas) Indonesia bukan cuma kalah empat kali. Dalam prosesnya, Garuda hanya mencetak tiga gol, dan sudah kebobolan 14 kali. Mereka jauh tertinggal dari semua lawan. Sebagai perbandingan, Malaysia yang ada di urutan keempat Grup G, mengoleksi 6 angka.

Dari posisi saat ini, hampir mustahil Garuda lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Andai tetap bertahan di peringkat kelima, Indonesia bisa ke Piala Asia 2023, tetapi harus melalui babak play-off. Di tengah krisis hasil yang dialami, Yeyen Tumena sebagai caretaker Timnas Indonesia, tetap menyatakan optimistis mampu mencuri poin. Menurutnya, duel melawan Malaysia bakal menjadi momentum untuk meraih kemenangan.

“Kami melakukan banyak perbaikan agar tim bisa bangkit dari empat laga dengan hasil kurang maksimal. Laga ini menjadi momentum agar kami meraih kemenangan,” beber Yeyen, yang menggantikan posisi Simon McMenemy, dilansir laman resmi PSSI, Senin (18/11).

Sementara tuan rumah baru saja memetik kemenangan atas Thailand dengan skor 2-1, Kamis (14/11). Usai kebobolan terlebih dahulu melalui gol Chanathip Songkrasin, Malaysia mampu membalikkan keadaan lewat kreasi Brendan Gan dan Mohamadou Sumareh. Melihat permainan cepat yang ditunjukkan oleh Brendan Gan dan kawan-kawan ketika tampil menghadapi Thailand, ini akan ujian tersendiri bagi lini belakang timnas yangselalu kebobolan minimal tiga gol dalam empat kali pertandingan di Grup G.

Bagi arsitek Malaysia Tan Cheng Hoe, perubahan yang ada di skuad Indonesia saat ini menjadi perhatian bagi dirinya. Selain itu, meski timnya mampu memenangkan laga pertama dengan skor 2-3 di Gelora Bung Karno, (5/9/2019) lalu, Cheng Hoe berharap anak asuhnya tetap fokus.

“Kita tahu mereka (Indonesia) melakukan beberapa perubahan termasuk pelatih dan pemain baru ke dalam skuad. Ini pasti membawa perubahan yang sudah tentu menginginkan kemenangan. “Jadi kita tak boleh lagi memikirkan atau terlalu yakin dengan kemenangan lalu [laga pertama] karena sekarang semuanya sudah berbeda. Tapi seperti pesan saya kepada pemain, kita harus fokus dan mengandalkan permainan sendiri dan jangan terlalu pikirkan tim lain karena bisa mengganggu kita,” tutur Tan Cheng Hoe.

(tir)

Perkiraan Susunan Pemain
Indonesia (4-3-3): Andritany Ardhiyasa; Gavin Kwan, Victor Igbonefo, Otavio Dutra, Ricky Fajrin; Hendro Siswanto, Bayu Pradana, Septian David; Febri Haryadi, Osas Marvellous, Greg Nwokolo

Malaysia (4-4-2): Farizal Marlias; Matthew Davies, Shahrul Saad, Adam Nor Azlin, Corbin-Ong; Brendan Gan, Syahmi Safari, Danial Amier, Hadian Azman; Shahrel Fikri, Mohamadou Sumareh