Yayasan Madani Institut Gelar Diskusi Tangkal Radikalisme dan Intoleran

BERANTAS: Yayasan Madani Institut melakukan diskusi anti radikalisme dan intoleransi di Warung Nusantara Jalan Dr Muwardi Bypas Cianjur. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Maraknya isu radikalisme serta intoleransi di Indonesia yang membuat seluruh kalangan sangat khawatir. Pasalnya, hal tersebut bisa memicau perpecahan bangsa.

Untuk meminimalisir serta mencegah hal tersebut, Yayasan Madani Institut menggelar diskusi bersama dengan beberapa lembaga serta pihak kepolisian di Kabupaten Cianjur.

Beberapa pemuka agama, santri dan mahasiswa turut hadir dalam acara yang digelar di Warung Nusantara di Jalan Dr Muwardi Bypas Cianjur.

“Kita ini sebelumnya memang hasil dari diskusi untuk menangkal isu radikalisme dan intoleransi. Seperti kita lihat, perpecahan antar kelompok masih ada di beberapa daerah,” ujar Ketua Panitia Diskusi, Cep Jujun Guntara.

Ia pun menyesalkan dengan ketidakhadiran dari pihak eksekutif dalam hal ini Kesbangpol dan Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur tanpa ada kabar. Nantinya kegiatan diskusi tersebut akan diadakan per zona dan per dapil, sehingga pelosok serta daerah terpencil di Cianjur bisa terpantau.

“Kita sangat kecewa dengan ketidak hadiran dari pihak eksekutif baik dari Kesbangpol dan Kemenag, karena ini kan isu radikalisme dan intoleransi, jangan sampai tidak ada kepedulian,” ungkapnya.

Sementara itu, Analis Kebijakan Bag Ops Polres Cianjur, Kompol Undang mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk upaya kebersamaan dari semua pihak dalam mencegah paham radikalisme dan intoleransi di Kabupaten Cianjur.

“Dengan hadirnya semua pihak disini bisa bersama-sama untuk melakukan penangkalan serta penolakan dengan adanya radikalisme serta intoleransi dan kita bersama-sama mengawal program pemerintah untuk memajukan negara,” paparnya.

Lanjutnya, penangkalan radikalisme dan intoleransi bukan hanya tanggungjawab pihak kepolisian saja. Namun ini merupakan tanggungjawab bersama yang memang harus dilakukan dari mulai lingkungan sekitar dan keluarga.(kim)