Cek Jadwal Penutupan Jalur Cianjur – Puncak di Sini

Jalur Puncak

RADARCIANJUR.com – Satlantas Polres Cianjur memastikan akan menutup jalur yang mengarah ke Puncak pada malam pergantian Tahun Baru 2020. Penutupan itu dilakukan tepat di Bundaran Tugu Lampu Gentur atau Pos Polisi Cepu 8.

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Ricky Adi Pratama menjelaskan, penutupan tersebut efektif berlaku pada 31 Desember 2019 pukul 18.00 WIB dan baru akan dibuka kembali pada 1 Januari 2020 pukul 06.00 WIB.

“Jadi ditutup untuk 12 jam,” tuturnya, Senin (30/12).

Penutupan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan yang diprediksi bakal terjadi di kawasan Puncak. Sebagai gantinya, pihaknya mengalihkan kendaraan untuk melewati jalur lainnya.

“Untuk yang mau mengarah ke Jakarta, dialihkan melalui jalur Jonggol atau melalui Sukabumi,” jelasnya.

Selain di Cianjur, penutupan juga akan dilakukan di jalur lain yang mengarah ke Puncak, yakni di Ciloto, Pos PJR IX. Sementara, pihaknya juga akan terus memantau jalur lain, seperti di Haurwangi yang menjadi akses dari Bandung.

“Untuk di wilayah Cianjur, kemacetan diprediksi bakal terjadi di Pasar Cipanas dan di depan Istana Cipanas. Kami sudah sebar personil di titik-titik yang diprediksi akan mengalami kemacetan di malam tahun baru,” sambung dia.

Memasuki hari pertama tahun 2020, pengamanan juga akan dilakukan di jalur-jalur yang akan menuju ke sejumlah obyek wisata di kawasan Puncak.

Hal ini didasarkan banyaknya wisatawan yang menghabiskan masa libur pergantian tahun bersama keluarga dengan mengunjungi sejumlah lokasi wisata.

“Semua sudah kami siapkan. Semoga tidak sampai terjadi kemacetan yang sangat parah,” ucapnya.

Untuk di dalam kota, untuk malam pergantian tahun, titik kemacetan diprediksi bakal terjadi di jalan-jalan protokol. Seperti di sekitaran Alun-alun Cianjur, HOS Cokroaminoto, KH Hasyim Ashari, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Arif Rachman Hakim atau Jalan Raya Bandung.

“Demikian juga di Jalan Dr Muwardi (Bypass). Karena masyarakat juga pasti ingin merayakan pergantian tahun,” ujar dia.

Pihaknya mengimbau, agar masyarakat selalu waspada dan berhati-hati, terutama saat di jalan raya. Dengan banyaknya kendaraan dan kepadatan kendaraan, diyakini banyak titik-titik kemacetan.

“Jadi harus lebih sabar dan utamakan keselamatan,” imbaunya.

Di sisi lain, berdasarkan pantauan Radar Cianjur di Jalan Raya Cianjur-Sukabumi, jumlah kendaraan yang melintas sudah mengalami peningkatan cukup signifikan.

Jika dibanding dengan hari biasa, peningkatan jumlah kendaraan yang melintas mencapai 75 persen dan mengakibatkan kemacetan di sejumlah titik, seperti di perempatan Pasar Warungkondang.

“Diprediksi, kepadatan kendaraan akan bertambah saat malam pergantian tahun,” kata Padal Jalur Pospam V Warungkondang, Ipda Acep Wilya.

(dil)