Banyak Selebritis Tertipu MeMiles, Raup Rp750 Miliar Dalam Delapan Bulan

DIPERIKSA: Penyanyi Marcello Tahitoe atau Ello usai diperiksa penyidik atas keterkaitannya dalam kasus investasi memiles di Mapolda Jatim di Surabaya. FOTO: JPNN

RADARCIANJUR.com – Salah satu aplikasi yang bisa diakses di Plyastore Android bernama MeMiles terbukti melakukan penipuan dengan nominal uang yang besar. Dalam delapan bulan, MeMiles sudah memiliki 264 ribu nasabah dan omset hingga Rp750 miliar.

Penyanyi Eka Deli dan Ello memenuhi panggilan Polda Jawa Timur di Surabaya untuk diperiksa sebagai saksi atas kasus investasi PT Kam and Kam melalui aplikasi bernama “MeMiles”. Eka Deli (ED) memenuhi panggilan sebagai saksi pada Senin, 13 Januari 2020, sementara Ello (MT) keesokan harinya, Selasa, 14 Januari 2020.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyatakan, dari hasil pemeriksaan selama 11 jam, Eka Deli diketahui berperan sebagai koordinator artis dan tidak menutup kemungkinan ada artis lain yang masuk sebagai member atau korban. “Saat ini sedang kami dalami siapa yang terlibat,” ujarnya kepada wartawan di Mapolda Jatim di Surabaya, Senin (13/1).

Sementara untuk Ello, keterangan pelantun lagu “Pergi Untuk Kembali” itu sangat dibutuhkan untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan penyidik. “Saudara MT statusnya sebagai saksi memenuhi panggilan penyidik. Penyidik mendasari pada alat bukti awal yang ada dan kebutuhannya dalam proses mengambil berita acara saksi,” ujarnya.

Selain Eka Deli dan Ello, kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, masih ada lagi 11 nama publik figur yang akan diperiksa terkait perannya di investasi MeMiles. “Ke-11 publik figur akan dipanggil satu per satu oleh penyidik,” ujar Trunoyudo.

Nama Mulan Jameela, penyanyi sekaligus anggota DPR juga sempat terseret dalam kasus investasi bodong MeMiles. Namun hal tersebut dibantah oleh kuasa hukumnya, Ali Lubis. Ia menjelaskan Mulan hanya pernah bernyanyi di acara yang diselenggarakan MeMiles.

Saat itu ada kontra anara pihak pertama yakni koordinator talent dengan pihak kedua, Republik Cinta Manajemen (RCM). “Berdasarkan kontrak perjanjian kerja sama Nomor 020/SMS/RCM/MJ/XII/20 tertanggal Senin 5 Desember 2019, Mulan Jameela dan MeMiles hanya berurusan soal pekerjaan penampilan sebagai artis, tidak lebih,” kata Ali Lubis.

Kasus ini terbongkar saat Polda Jatim mendapati investasi MeMiles yang belum berizin, bahkan telah memiliki 264 ribu nasabah atau member.

Dalam praktiknya, MeMiles juga menjanjikan hadiah fantastis dan tak masuk akal pada nasabah, semisal hanya dengan investasi ratusan ribu, nasabah sudah bisa membawa pulang sejumlah barang elektronik, seperti TV, lemari es hingga AC. Peminat MeMiles juga sangat besar, yakni dalam delapan bulan beredar mengantongi omzet mencapai Rp750 miliar.

(tir)