Herman Suherman Ingin BUMDes Ikut Dorong UMKM Lokal

DEKAT DENGAN MASYARAKAT: Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mendengarkan langsung harapan dan keinginan seorang ibu rumah tangga di Kecamatan Pagelaran.

RADARCIANJUR.com – Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman berpesan pada aparat desa untuk bisa memberdayakan potensi lokal yang ada di desa-desa untuk menjadi nilai ekonomi.

Herman berkeinginan, potensi yang ada di desa dapat dimaksimalkan dengan baik. “Misalnya di desa ini potensinya ayam, kembangkan itu,” katanya saat berkunjung ke Desa Sindangkerta, Kecamatan Pagelaran, Selasa (21/01/2019).

Saat ini, hampir tiap desa memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Maka dari itu, Herman berharap BUMDes bisa bekerjasama dan memberdayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) atau rumah-rumah yang membuat produk lokal.

“Itu bisa kerja sama dengan BUMDes. UMKM yang produksi, BUMDes yang memasarkan,” tuturnya.

BERI RANGKULAN: Sangat bahagia saat berada langsung bersama masyarakat, Herman Suherman memeluk seorang ibu tua di sela-sela kegiatan.

Berdasarkan hasil penelitian Megawati Institute, lanjut Herman, saat ini pelaku ekonomi Indonesia masih didominasi oleh UMKM. 97 persen tenaga kerja Indonesia juga berada pada skala UMKM dan memberikan kontribusi 60 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). “Maka dengan demikian ekonomi di desa bisa berkembang pesat,” imbuhnya.

Dengan adanya dorongan dari pemerintah daerah terhadap UMKM, maka pertumbuhan ekonomi bisa terus meningkat.

Pada Selasa (21/01/2019), Plt Bupati Cianjur melakukan serangkaian kegiatan monitoring dan evaluasi Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial, di Kecamatan Pagelaran.

Herman mengawali kegiatannya dengan berkunjung ke SMAN 1 Pagelaran. Kemudian berkeliling ke Desa Sindangkerta, Pasirbaru, Karangharja, Selagedang, Gelar Anyar, dan Mekarsari.

(*/yaz)