Gara-gara e-KTP, Kantor Kecamatan Cipanas Digeruduk

FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com -Sejumlah warga berdondong-bondong mendatangi Kantor Kecamatan Cipanas sejak Kami (30/1) kemarin. Kedatangan warga itu untuk mengurus e-KTP massal.

Camat Cipanas, Latip Ridwan mengatakan, layanan pengurusan e-KTP ini dilakukan sampai waktu yang belum ditentukan untuk mempermudah masyarakat mengurus administrasi kependudukan.

Sebelumnya, pihaknya mengumumkan pengurusan e-KTP massal ini melalui media sosial. Selain Kecamatan Cipanas, juga berlaku di Pacet dan Sukaresmi.

“Ini program pemkab yang mendorong kecamatan dan tidak dipungut biaya alias gratis,” tuturnya, Jumat (31/1).

Berdasarkan pendataan, warga datang dengan berbagai alasan. Mulai dari hilang, rusak dan pembuatan baru karena telah menginjak usia 17 tahun serta keperluan mengurus kartu keluarga (KK).

“Jadi di kantor kecamatan bisa melakukan perekaman sekaligus cetak e-KTP. Tidak perlu ke Disdukcapil,” jelasnya.

Latip berharap, warga bisa memanfaatkan program ini dengan optimal untuk mendapatkan administrasi kependudukan.

“Kami akan mendorong pelayanan bagi masyarakat. Agar warga benar-benar bisa tercatat serta mempermudahkan juga dalam memiliki identitas resmi,” tutupnya.

Lisna (18), warga Cipanas mengatakan, dirinya sangat bersyukur dan terbantu sekali dengan adanya pengurusan e-KTP di kantor kecamatan. Selain dekat dengan rumahnya, juga ia tak perlu datang ke Disdukcapil yang jauh.

“Enak gini dekat. Waktu itu sempat bikin ke Disdukcapil tapi lama. Kalau di sini kan langsung diproses,” kata dia.

Ia berharap, program serupa yang jemput bola seperti ini juga bisa diterapkan. “Mudah-mudahan saja banyak program yang seperti ini. Karena memang perlu. Mumpung ada, jadi ikutan bikin e-KTP,” pungkasnya.(dan)