Plt Bupati Cianjur Jamin Rumah Mak Isoh Diperbaiki

DIKOSONGKAN: Rumah Mak Isoh di Kampung Babakan RT 02 RW 08 Desa Mekarwangi Kecamatan Warungkondang, kini dikosongkan. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman menegaskan sekaligus memerintahkan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cianjur untuk merehabilitasi rumah Mak Isoh (70) warga Kampung Babakan RT02/RW08, Desa Mekarwangi, Kecamatan Warungkondang.

“Saya sudah perintahkan Kadinsos untuk segera memperbaiki rumah nenek Isoh yang sudah tidak layak huni itu hingga menjadi layak dihuni kembali,” kata Herman di Pendopo Kantor Bupati Cianjur, Kamis (30/1).

Ia pun segera memberikan prioritas ketika mendapat kabar tentang kondisi Mak Isoh dari laporan warga di media sosial. Setelah mendapat kabar tersebut, dirinya langsung menghubungi Camat WarungKondang dan Kepala Dinsos untuk segera memeriksa keadaan Mak Isoh.

“Saya pasti selalu memantau kondisi di lapangan. Tiap hari saya turun langsung ke masyarakat untuk memastikan bahwa pemerintah kabupaten Cianjur hadir bersama masyarakat,” ujar Herman.

Mantan Direktur PDAM itu mengatakan, Pemkab Cianjur menjamin akan membantu untuk memperbaiki rumah Mak Isoh.

Pemkab Cianjur sendiri memiliki program rehabilitasi rutilahu yang anggarannya dari Pemkab Cianjur. “Nanti rumah Mak Isoh kita masukan ke program Rutilahu,” papar Herman.

Selain itu, Herman juga meminta kepala Dinsos memastikan bahwa Mak Isoh sudah mendapatkan bantuan pemerintah lainnya seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan program Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Seperi diketahui, sempat ramai diberitakan rumah semi permanen berukuran 20 meter persegi milik wanita paruh baya bernama Mak Isoh yang hampir rubuh dan ambruk. Mak Isoh merupakan seorang buruh tani yang tinggal sendiri di rumah reyotnya itu. Sejak beberapa pekan ini, Mak Isoh untuk sementara mengungsi ke rumah cucunya yang terletak tak jauh dari rumahnya.

(*/yaz)