Waduh… Mantan Caleg Nyaris Lolos Jadi PPK

Menuju Pendopo

RADARCIANJUR.com – Seorang mantan calon anggota legislatif dari salah satu partai nyaris terpilih menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan Pilkada serentak Cianjur 2020. Bahkan, yang bersangkutan juga telah dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Berutung, ada warga yang mengetahuinya lantaran mengenali dari baliho yang dilihatnya dekat rumahnya. Warga itu langsung melaporkan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Cianjur.

Padahal, mengacu pada aturan dan perundangan yang berlaku, anggota partai politik tidak diperbolehkan menjadi bagian dari penyelenggara pesta demokrasi.

Ketua KPUD Cianjur, Selly Nurdinah mengatakan, usai mendapatkan laporan tersebut, pihaknya lantas mencocokkan identitas yang bersangkutan dengan database.

Setelah dipastikan, pihaknya langsung mencoret yang bersangkutan sebagai calon anggota PPK Pilkada Serentak 2020.

“Kemarin ada perbaikan daftar nama tanggal 28 Januari hasil pencermatan kembali. Dari tanggapan masyarakat itu ada mantan caleg dari Kecamatan Cidaun yang lolos seleksi administrasi. Warga meminta KPU memperbaiki,” Kata Selly, Jumat (31/1).

Selain mencoret mantan caleg dari daftar calon anggota PPK, pihaknya juga mencoret 15 nama calon lain yang terindikasi sudah dua periode menjabat sebagai PPK.

“Kami rubah lagi berita acara perbaikan hasil tanggapan masyarakat,” jelasnya.

Ia mengatakan, sebanyak 526 orang hasil perbaikan mengikuti seleksi menjadi PPK Pilkada serentak. “Dari jumlah tersebut kami ambil nilai 10 orang. Dari 10 orang lolos tersebut nantinya harus menempuh seleksi wawancara,” sambungnya.

Nantinya, lanjut Selly, akan dipilih lima orang sebagai anggota PPK di setiap kecamatan. “Jadi 160 orang akan menjadi PPK untuk 32 kecamatan,” pungkasnya.(dil)