Golkar Cianjur Temui Herman Suherman, Ada Apa?

ADA SESUATU: Ketua DPD Partai Golkar Cianjur, Tb Mulyana (kanan) menemui Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman malam-malam sehari sebelum rapat pleno digelar Golkar. FOTO: IST

RADARCIANJUR.com – Nama Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mendadak disebut dalam rapat pleno DPD Partai Golkar yang digelar di Jalan Siliwangi, kemarin. Orang nomor satu di Cianjur ini masuk ke dalam satu dari lima deretan nama bakal calon bupati yang akan diajukan Partai Beringin Rindang setelah pertemuan antara Herman dan Ketua DPD Golkar Cianjur, Tb Mulyana Syahrudin malam hari sebelum pleno.

Munculnya nama Herman ini menuai ragam pertanyaan. Bagaimana mungkin Herman bisa masuk? Padahal, Herman memiliki rekam jejak yang kurang baik bersama Golkar Cianjur. Ya, Herman memang sempat menjadi kader Golkar terhitung pada 2015 lalu. Namun, kepemilikan kartu tanda anggota (KTA) Herman diragukan.

Pasalnya, Herman dinilai kurang aktif menjalankan ragam program partai. Tapi, tunggu dulu. Nyatanya, mekanisme yang digunakan Golkar Cianjur berbeda dengan partai politik (parpol) lainnya. “Mekanisme di kami itu berbeda. Memang yang baik itu seharusnya kader aktif. Tapi, kami ada pertimbangan lain,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Cianjur, Tb Mulyana Syahrudin.

Golkar sangat menghargai masukan dan saran yang diberikan dari berbagai pihak di internal. Nama Herman memang tak semata-mata timbul. Semuanya sudah melalui proses rapat dengan peserta Pimpinan Kecamatan (PK), pengurus, dan organisasi hasta karya.

“Kita menghargai masukan-masukan. Rapat pleno ini fungsinya untuk menampung usulan nama yang disampaikan peserta rapat. siapapun nama yang muncul, akan kami catat,” tuturnya, kemarin.

Hasil rapat pleno yang digelar di Jalan Siliwangi kemarin membuahkan lima nama bakal calon bupati. Yang pertama ada nama Ade Barkah Surahman, Sekretaris DPD Partai Golkar Jawa Barat); Tb Mulyana Syahrudin, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Cianjur; Ishfan Taufik Munggaran, Ketua BM Kosgoro Jawa Barat; Deden Nasihin, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cianjur dan Herman Suherman, Plt Bupati Cianjur.

Kelima nama itu akan dibawa ke DPD Partai Golkar Jawa Barat (Jabar). Kelima nama itu akan dikirimkan pada Jumat (7/2) mendatang. hasil dari DPD Cianjur ini akan kembali diplenokan di Jabar.

Diketahui, DPC Partai Gerindra Cianjur sempat berkunjung ke Kantor DPD Partai Golkar pada Senin (3/2) siang sebelum pleno digelar. Beres dengan Gerindra, ternyata Tb Mulyana langsung bergeser ke Sukaresmi pada malam harinya.

Di sela-sela kegiatan Cianjur Ngawangun Lembur (CNL) itu, Tb Mulyana menghampiri Herman. Keduanya nampak akrab di tengah-tengah lapangan. Nampaknya, ada pembicaraan khusus yang tersaji kala itu sebelum pleno digelar pada Selasa (4/2).

Bisa jadi, nama Herman sudah diatur agar dapat masuk ke dalam bursa bakal calon bupati Golkar. Namun, Tb Mulyana justru menepis semuanya. “Ah tidak ada itu (pembicaraan khusus pleno). Saya datang malam-malam karena memang sudah dekat dan hanya silaturahmi,” ungkapnya kepada Radar Cianjur.

Hal senada diungkapkan Herman Suherman. Baginya, pertemuan yang relatif singkat itu tidak ada sangkut pautnya dengan rapat pleno DPD Partai Golkar Cianjur. “Hubungan kami baik. Tidak ada yang aneh. Beliau (datang) hanya ingin menyapa saja,” pungkasnya.

(yaz)