Nah, PKH-BPNT Desa Cipendawa Disidak Mensos

INGATKAN: Menteri Sosial Juliari Batubara tengah memberikan pengarahan kepada ratusan warga penerima manfaat program Kemensos. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Menteri Sosial Juliari Batubara melakukan inspeksi mendadak (sidak) penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang diberikan kepada ratusan warga Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Selasa (4/2).

Juliari mengatakan sidak ini dilakukan untuk memastikan penyaluran program bantuan sosial dari pemerintah bisa dijalankan dengan semestinya oleh pemerintah setempat.

Selain itu, untuk memastikan bahwa bantuan tersebut diterima langsung oleh warga atau keluarga penerima manfaat (KPM) tanpa adanya pemotongan atau penyelewengan.

“Kami ingin memastikan bantuan yang diberikan bisa tersalurkan secara benar, sesuai yang diharapkan dan langsung diterima warga penerima manfaat,” kata Juliari.

Juliari juga mewanti-wanti kepada setiap pemerintah daerah agar tak main-main dengan bantuan sosial yang dikucurkan oleh pemerintah. Ia menegaskan, bantuan itu adalah hak rakyat yang membutuhkan.

“Saya kira pemerintah pusat dan pemerintah daerah terus berupaya mensejahterakan rakyat. Kalau rakyatnya sejahtera pasti negaranya juga akan kuat, bahkan daerahnya juga akan semakin maju,” tegasnya,

Saat ini, lanjutnya, angka kemiskinan di Indonesia mengalami penurunan. Berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada September 2018 lalu, kemiskinan Indonesia berada di angka 9,68 persen.

Sedangkan September 2019, angka kemiskinan tercatat di angka 9,22 persen. “Kalau se-Jawa Barat itu masih belum bisa secara drastis turun, karena memang jumlah warganya juga yang sangat banyak, lebih dari 50 juta jiwa,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cianjur, Ahmad Mutawali mengklaim tingkat kesejahteraan masyarakat Cianjur terus meningkat.

“Kami mendorong semua warga Cianjur bisa hidup mandiri. Jangan terus terpangku pada bantuan yang ada di pemerintah. Sehingga bisa mandiri, dan memiliki usaha lebih maju,” katanya.(dan)