Pilkada Cianjur: Lima Balon Independen Ambil Aplikasi Nyalon

Komisioner KPU berfoto bersama dengan Ketua komisi 1 DPRD Jabar.Foto: Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 masih bergulir. Kemarin, lima bakal calon dari jalur independen telah mengambil password aplikasi pencalonan dari KPUD Cianjur

Kordiv Hukum dan Pengawasan KPU Cianjur, Hilman Wahyudi mengatakan, lima pasangan bakal calon yang telah mengambil pasword aplikasi pencalonan diantaranya Muhammad Toha-Ade Sobari, Dadan Supardan-Irvan Helmi Khadafi, Landjar Guntoro-Mira Yani Maryani, Dadeng Saepudin-Tatan Sutisna dan Hadi Muhidin-Dedy Suryadi.

“Namun itu belum pasti karena baru mengambil password aplikasi pencalonan,” kata Hilman setelah menerima kunjungan Komisi I DPRD Jabar ke kantor KPUD Cianjur, (4/2).

Ia menjelaskan, syarat untuk calon perseorangan minimal harus mempunyai dukungan 6,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir. “Bisa jadi ini lebih ringan untuk calon perseorangan karena sebelumnya dihitung dari jumlah penduduk,” katanya.

Hilman mengatakan, untuk tahapan calon perseorangan sama dengan tahapan calon dari partai politik. “Untuk tahapan calon independen atau perseorangan tak langsung pendaftaran tapi melalui mekanisme yang sama dengan calon dari partai yakni penyerahan berkas dahulu pasangan calon,” ungkapnya.

(dil)