Plt Bupati Cianjur Ajak Mensos Tinjau Langsung Penerima PKH

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengajak Menteri Sosial (Mensos), Juliari Batubara untuk bertemu langsung dengan para warga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Aula Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet.

RADARCIANJUR.com – Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengajak Menteri Sosial (Mensos), Juliari Batubara untuk bertemu langsung dengan para warga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Aula Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet.

“Pak Mensos sedang kunjungan ke Cianjur. Saya ajak untuk turun langsung menyapa dan bertemu dengan ibu-ibu penerima PKH yang ada. Beliau sangat antusias,” kata Herman, Selasa (4/2).

Sebelumnya, Mensos Juliari memang sedang melakukan peninjauan ke agen e-Warong di Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas. Herman yang menyempatkan diri untuk mendampingi kegiatan di Ciloto, mengajak Mensos untuk melihat langsung para penerima manfaat dari program Kementerian Sosial tersebut.

“Tahun ini ada peningkatan jumlah bantuan, dari Rp110,000 menjadi Rp150,000. Item yang diberikan juga ditambah dengan pemberian daging. Sementara kami substitusi dengan abon karena kendalanya tidak semua agen e-Warong memiliki freezer,” tuturnya.

Mantan Direktur Utama PDAM Cianjur itu juga mengimbau agar para penyedia bantuan memperhatikan potensi dari masing-masing daerah. “Jika kecamatan atau desanya penghasil beras bagus, tolong pakai beras produk lokal. Jika daerahnya penghasil daging ayam atau sapi, pakailah daging tersebut untuk sembakonya,” saran Herman.

Mensos Juliari mengaku senang bisa diajak meninjau langsung para penerima manfaat PKH dan Bantuan Sembako. “Awalnya memang tidak diagendakan (bertemu langsung), tapi saya diajak Bupati Haji Herman. Saya pasti semangat untuk bisa melihat efektifitas program ini ke ibu-ibu penerima manfaat,” kata Juliari.

Ia memastikan penerima PKH dan bantuan sembako bisa merasakan manfaat program supaya kesejahteraannya bisa meningkat. Harapannya, mereka bisa terbantu dan graduasi dari program ini. “Berarti programnya berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Mensos Juliari.

Pada 2019 lalu, tercatat ada sekitar 120 ribu penerima manfaat PKH di Cianjur. Program pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan di Cianjur, memang jadi salah satu fokus utama Pemerintah Kabupaten Cianjur.(*/yaz)