Antisipasi Longsor Tanjakan Mala

Longsor Tanjakan Mala Dibersihkan

RADARCIANJUR.com – Anggota Polsek Naringgul dan masyarakat Kampung Cibodas RT 02 RW 8, Desa Naringgul, Kecamatan Naringgul, bergotong royong membersihkan sisa-sisa material longsor di Tanjakan Mala, Jumat (7/2).

Utamanya sisa material longsor yang menutupi saluran air yang cukup besar ukurannya. Terlebih, saat ini sedang curah hujan sedang tinggi.

Kapolsek Naringgul Iptu Sumardi SH mengatakan, pembersihan sisa material longsoran ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dan antisipasi longsor susulan.

“Beberapa hari ini curah hujan di Naringgul cukup tinggi. Hujan sejak pagi sampai malam. Makanya harus dibersihkan agar air bisa mengalir lancar,” tuturnya.

Pertimbangan lain adalah bahwa Tanjakan Mala sebagai jalur nasional yang tentu banyak dilintasi masyarakat yang hendak menuju ke Cianjur selatan maupun sebaliknya.

“Ada beberapa anggota Bhabinkamtibmas bersama masyarakat yang langsung bergotong royong,” katanya.

Untuk mengangkut material tanah bekas longsoran, digunakan sebuah truk bak terbuka milik salah satu warga. “Tanahnya juga dipakai untuk pengurugan pembangunan Masjid At Taqwa Cibodas,” ujarnya.

Asep (38), salah seorang pengendara yang saban hari melintasi Tanjakan Mala mengaku air selalu meluber ke jalan saat hujan turun. Pasalnya, material longsor menutupi saluran drainase.

“Akhirnya air campur tanah meluber. Jalan juga jadi licin. Berbahaya kalau sudah begitu,” ungkapnya.

Jika jalan lancar dan bersih, tentu akan memudahkan pengendara dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, para pengendara juga akan merasa aman.

“Kalau jalan bersih kan jadi tidak khawatir,” pungkasnya.(jay)