Para Pebalap Astra Honda Siap Harumkan Nama Indonesia

PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan para pebalap muda Indonesia yang memperkuat Astra Honda Racing Team pada tahun musim balap 2020 dan dihadiri pebalap MotoGP Marc Marquez dan Alex Marquez (4/2).

RADARCIANJUR.com – PT Astra Honda Motor (AHM) mengumumkan 12 pebalap muda bertalenta binaan Astra Honda di Jakarta (4/2). Hal ini memperkuat komitmennya dalam pembinaan balap berjenjang untuk mencetak prestasi mengharumkan nama Indonesia di berbagai ajang balap nasional maupun internasional pada musim balap tahun ini.

Para pebalap muda yang tergabung dalam tim balap Astra Honda Racing Team (AHRT) 2020 adalah Mario Suryo Aji, Irfan Ardiansyah, Rheza Danica Ahrens, Lucky Hendriansya, M. Adenanta Putra dan Herjun Atna Firdaus, serta Delvintor Alfarizi. Selain itu, AHM juga melatih skill balap Azryan Dheyo Wahyumadiadi, Herlian Dandi, Fadillah Arbi Aditama, Veda Ega Pratama dan Chessy Meilandri. Mereka akan menjadi bagian dari upaya AHM dalam mengantarkan pebalap muda berbakat untuk meraih prestasi membanggakan di berbagai ajang balap.

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya mengatakan mengirim pebalap binaan Astra Honda ke berbagai ajang balap merupakan bagian dari strategi pembinaan balap berjenjang yang dikembangkan perusahaan sejak 2013. Melalui Astra Honda Racing School (AHRS) sebagai kawah candradimuka untuk melatih fisik dan mental, para pebalap muda binaan AHM disiapkan sejak dini untuk dapat mewujudkan mimpi tertinggi mereka di dunia balap.

“Dengan Semangat Satu Hati untuk Indonesia Juara, tahun ini kami akan kembali menemani anak-anak muda bertalenta mewujudkan mimpi mereka di dunia balap di bawah payung AHRT. Kami juga menyiapkan AHRS untuk sejak dini melatih dan menyiapkan mental maupun fisik bibit-bibit balap bertalenta dari Tanah Air,” ujar Thomas.

AHM memulai tahapan pembinaan berjenjang sejak usia dini di bawah 14 tahun melalui program AHRS. Mempertahankan konsep pada tahun sebelumnya, para pebalap ini berlatih menggunakan motor balap Honda NSF100 yang sangat cocok digunakan untuk berlatih bagi pemula. Selain praktik, mereka juga akan dibekali dengan pembelajaran materi baik teknis maupun non-teknis terkait balap.

Pada kancah balap nasional, AHM secara konsisten juga menggelar pesta balap one make race bertajuk Honda Dream Cup di berbagai kota sebagai wadah pecinta balap Tanah Air. Berbagai dukungan untuk tim balap tetap akan diberikan terutama pada tim yang terjun pada Kejurnas Motoprix, Oneprix serta Kejuaraan Nasional Sport 150cc dan Sport 250cc. AHM melanjutkan pembinaan balap di ajang motocross dengan mengandalkan Delvintor Alfarizi. Tahun lalu Delvintor berhasil meraih juara Nasional Kejuaraan Motocross kelas MX2 2019 sekaligus tampil pada ajang kejuaraan motocross dunia MXGP 2019.
Juara Asia

Melalui pembinaan berjenjang dan terstruktur, AHM membawa 10 pebalapnya untuk berlaga di balapan level Asia pada tahun ini. Untuk balapan roadrace, pebalap binaan AHM akan berpartisipasi pada Thailand Talent Cup (TTC), Asia Talent Cup (ATC) dan Asia Road Racing Championship (ARRC), selain itu AHM juga mengikutsertakan pebalapnya pada ajang ketahanan Suzuka Endurance race.

AHM juga memberi kesempatan pebalap muda berbakat Indonesia, Chessy Meilandri dan Veda Ega Pratama untuk menambah jam terbang sekaligus mengasah kemampuan mereka di TTC. Di ajang ini, mereka akan dapat merasakan dan juga beradaptasi dengan atmosfer balap menggunakan motor Honda NSF250R.

Sementara itu, 4 pebalap muda dinyatakan lolos seleksi di akhir tahun 2019 untuk berlaga di ATC 2020 yang dipromotori oleh Dorna Sports yang juga penyelenggara kejuaraan balap dunia, MotoGP. Para pebalap yang akan bergabung di ATC adalah Herjun Atna Firdaus, Azryan Dheyo Wahyumaniadi, Herlian Dandi dan Fadillah Arbi Aditama.

Pada balapan bergengsi ARRC 2020, AHM kembali mengandalkan Irfan Ardiansyah untuk berlaga di kelas Supersports 600cc, menemani Rheza Danica Ahrens yang telah berpartisipasi di kelas ini pada tahun lalu. Sementara itu, pada kelas AP250, AHM mengikutsertakan Lucky Hendriansya, M. Adenanta Putra dan Herjun Atna Firdaus yang juga berlaga di ATC 2020. Ketiganya bertekad untuk memuncaki kembali klasemen kelas AP250 bersama motor kebanggaan bangsa Honda CBR250RR. Selain ajang balapan road race, AHM juga berpartisipasi pada ajang kompetisi ketahanan di Suzuka Endurance Race untuk menguji performa, ketahanan fisik dan mental, konsistensi dan kestabilan pebalap binaannya.

Menuju jenjang yang lebih tinggi, AHM juga telah mempersiapkan pebalapnya untuk bertarung di CEV International Championship. Ajang balap bergengsi di Eropa ini merupakan gelaran balap terdekat dengan Grand Prix yang menjadi mimpi tertinggi para pebalap dunia.

Kesempatan besar ini kembali diberikan AHM pada Mario Suryo Aji yang akan berlaga di CEV Moto3 Junior World Championship. Sebagai bentuk komitmen AHM memberikan yang terbaik untuk mewujudkan kebanggaan Indonesia di balapan Eropa, Mario akan menetap sementara di Eropa agar dapat mengasah kemampuannya dan fokus berlatih sehingga dapat memberikan hasil yang terbaik untuk Indonesia. Hal ini juga dilakukan agar Mario dapat lebih menyesuaikan diri dengan medan balap di Eropa.

Pembinaan balap berjenjang yang dilakukan AHM merupakan upaya untuk terus memberikan kebanggaan bagi Indonesia. Seperti tahun ini, pebalap yang sukses ditempa melalui AHRT, Andi Gilang bergabung dengan Honda Team Asia untuk tampil pada GP Moto2. Selain Andi, Gerry Salim juga tampil bersama Honda Asia Dream Racing di kelas ASB1000 ARRC 2020. Prestasi membanggakan yang berhasil mereka raih memberikan inspirasi dan semangat bagi para pebalap AHRT untuk terus berjuang meraih prestasi menuju jenjang balap yang lebih tinggi.

(sal)