Plt Bupati Cianjur : Tes CPNS Bebas Titipan

PANTAU: Plt Bupati Cianjur Herman Suherman pantau tes CPNS.

RADARCIANJUR.com – Pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2020 dijamin transparan dan bebas titipan. Tes yang diikuti 3.395 orang peserta dijaring jadi 159 ini untuk ditempatkan di 17 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemerintah Kabupaten Cianjur.

Plt. Bupati Cianjur Haji Herman Suherman memantau langsung pelaksanaan tes CPNS asal Cianjur yang dilaksanakan di Telkom University, Bandung, Jumat (7/2).

“Tidak akan bisa (ada titipan), tes berlangsung 90 menit dan akan langsung keluar penilaiannya secara online. Terbuka semua prosesnya,” kata Herman.

Pelaksanaan tes sendiri sejak Kamis (6/2) lalu. “Mudah-mudahan, 159 orang terseleksi nantinya merupakan orang yang terbaik untuk ditempatkan sebagai aparatur sipil negara. Kerja sama pelaksanaan tes antara Badan Kepegawaian Negara dengan universitas, saya rasa bisa memastikan yang terseleksi adalah orang-orang yang handal,” kata Herman melanjutkan.

Menurutnya, Cianjur saat ini memang masih kekurangan ASN. Tiap tahun, tidak kurang dari 500 orang ASN memasuki masa pensiun, sementara rekrutan baru jumlahnya tak sampai sebanyak itu.

“Karenanya kami membutuhkan tenaga yang handal ya. Pekerjaan yang biasanya dikerjakan 10 orang, mungkin bisa dikerjakan satu orang saja,” ungkapnya.

Wakil Rektor Telkom University Bidang Sumber Daya Manusia Dr. Rina Pasaribu mengapresiasi kedatangan langsung Plt. Bupati Cianjur untuk memantau dan memberi semangat para peserta tes.

Ia juga menekankan bahwa transparansi pelaksanaan tes sudah terbukti karena Telkom University sudah menjadi mitra BKN sejak tahun 2018.

“Kerja sama kami dengan BKN sudah terjalin sejak 2018. Tahun ini kami bertanggungjawab untuk pelaksanaan tes 11 kabupaten/kota dengan total 70,000 pendaftar. Terima kasih Pak Bupati sudah hadir langsung untuk menyemangati para peserta asal Cianjur,” ungkapnya.(yaz)