Uji Kompetensi Partai Demokrat Cianjur, Lima Bacabup Tak Hadir

SERIUS: Para bacabup dan bacawabup Cianjur tengah uji kompetensi Partai Demokrat, kemarin. FOTO:DADAN SUHERMAN/RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Tahapan uji kompetensi digelar Partai Demokrat, Jum’at (7/2). Tak semua bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Cianjur mengikuti proses tes yang dilaksanakan DPP melalui DPD, hingga DPC tersebut.

Sejumlah alasan pun disampaikan kepada panitia penyelenggara uji kompetensi itu. Mulai dari adanya kegiatan di luar kota, kemudian karena menjadi Aparatur Sipil Negera (ASN), hingga memang adanya halangan sakit.

Ketua Panitia Tes Uji Kompetensi, Nurdin Hidayatullah mengaku, bahwa dalam tahapan uji kompetensi saat ini, memang diharapkan para bakal calon bisa mengikuti semua, hanya saja beberapa kendala berhalangan hadir.

“Untuk dokter Cecep sendiri sudah menyampaikan kepada kami, karena ibunya tengah sakit, Pak Deni dari Serang itu karena ia seorang ASN, dan Bu Hendang juga sedang ada kegiatan di luar kota,” kata Nurdin saat dikonfirmasi, Jumat (7/2).

Kendati para bakal calon berhalangan hadir, menurut Nurdin, tahapan yang tengah dijalani tetap berjalan. Bahkan bisa jadi nanti akan diadakan uji kompetensi susulan bagi yang belum.

Meski begitu, bagi para bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati yang belum mengikuti tahapan uji kompetensi di Partai Demokrat itu, akan menjadi salah satu penilaian panitia di internal Partai Demokrat. Tetapi nanti menurutnya, itu akan diakumulasi dari nilai bobot elektabilitas hasil survei.

“Kami juga telah melakukan psychotest waktu itu kepada seluruh bakal calon, supaya mengetahui dari pihak kedokteran. Kemudian uji kompetensi saat ini untuk melihat kemampuan dari mereka yang betul-betul mampu sesuai apa yang diharapkan masyarakat Kabupaten Cianjur,” tuturnya.

Nurdin menambahkan, bagi para bakal calon yang tidak melakukan tahapan kali ini akan dilakukan uji kompetensi susulan karena menurutnya itu hanya sebatas melengkapi persyaratan administrasi saja.

“Jadi nanti lima para bakal calon yang belum mengikuti akan melaksanakan uji kompetensi susulan. Dimana waktunya belum ditentukan, karena akan berkoordinasi dulu dengan internal Demokrat,” ungkapnya.

Adapun proses uji kompetensi yang saat ini dilakukan, menurut Nurdin, itu dalam rangka melengkapi proses administrasi para bakal calon, yang isinya memaparkan visi misi sesuai dengan cita-cita Partai Demokrat.

“Diharapkan karena ini merupakan PO dan juklak, kami akan terus berkoordinasi dengan para bakal calon dan memfasilitasi mereka yang bisa dihadiri oleh publik,” pungkasnya.(dan)