314 Calon PPK Pilkada Cianjur Jalani Tes

TES: Calon PPK sedang menjalani tes wawancara oleh komisioner KPU Cianjur, Sabtu (8/2). Foto:Fadilah Munajat/Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sebanyak 314 orang calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilkada) Cianjur tahun 2020, menjalani tes wawancara selama tiga hari di kantor KPUD Cianjur.

Divisi Humas KPU Cianjur, Rustiman mengatakan, kegiatan tes wawancara dilaksanakan sejak hari Sabtu (8/2) sampai Senin (10/2). “Ada 314 orang peserta yang mengikuti tes ini,” kata Rustiman.

Menurutnya, semuanya peserta tes berasal dari 32 kecamatan, yang akan dibagi dalam tiga hari kegiatan.

“Untuk hari pertama ada 107 peserta dari 11 kecamatan, Minggu (9/2) juga ada 107 peserta sama dari 11 kecamatan dan hari terakhir Senin (10/2) ada 100 peserta dari 10 kecamatan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, berdasar ketentuan seharusnya setiap kecamatan ada 10 peserta. Namun ada dua kecamatan dengan calon PPK tujuh orang.

Dari jumlah 314 orang peserta calon PPK akan disaring menjadi 160 peserta. Artinya akan diambil lima orang dari setiap kecamatan.

Adapun mengenai materi yang dipakai dalam wawancara mencakup tiga hal, pertama sesuai PKPU Nomor 3 tahun 2015 terkait dengan tugas, wewenang dan kewajiban PPK, teknis pemungutan suara, hubungan perorangan dan teknis rekap.

Kedua rekam jejak sebagai penyelenggara ataupun non penyelenggara. Ketiga mengkonfirmasi tanggapan masyarakat. “Tiga hal tersebut yang dipertanyakan dalam wawancara, dengan durasi tiap peserta antara 10 sampai 15 menit,” ujarnya.

Lanjut Rustiman, hasil wawancara akan diumumkan pada tanggal 15 Februari 2020. Hasilnya disesuaikan dengan urutan nilai, meski dalam pengumuman nilainya tidak akan dicantumkan.

Sedangkan untuk peserta urutan 6 sampai 10 merupakan calon pergantian antar waktu (PAW). “Misalnya dari lima orang yang lolos ada yang mengundurkan diri, otomatis peserta urutan 6 yang akan jadi penggantinya,” pungkasnya.(dil)