RSUD Cimacan Sempat Rawat Almarhum Istri Chrisye

TUNJUKKAN: Seorang dokter di RSUD Cimacan, Friskila Madeleine tengah menunjukkan berkas pasien atas nama Nyonya Damayanti, Sabtu (8/2) sore. FOTO:DADAN SUHERMAN/RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com -Gusti Firoza Damayanti Noor atau yang lebih dikenal dengan Yanti Noor, istri dari Almarhum Chrisye meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cimacan Cipanas, Sabtu (8/2) sekitar pukul 12.15 WIB.

Berita duka istri dari penyanyi legendaris Chrisye itu dibenarkan oleh pihak RSUD Cimacan Cipanas Cianjur, yang kebetulan menangani pasien yang ternyata istri dari almarhum pelantun “Kisah Kasih di Sekolah” itu.

Salah seorang dokter di RSUD Cimacan, Friskila Madeleine membenarkan, bahwa ada seorang pasien perempuan atas nama G.F Damayanti dengan usia 65 tahun warga Jakarta selatan, yang tiba ke rumah sakit itu sekitar siang hari, Sabtu (8/2).

“Karena sekarang itu saya bagian jaga sore, dan kebetulan dokter yang tangani pasien atas nama Nyonya Damayanti itu sudah pulang, jadi saya kurang tau persis apa penyebabnya. Tapi yang jelas kata rekan saya itu (dokter yang menangani,red) pada saat dibawa ke RSUD ini pasien sudah tak sadarkah diri,” paparnya, Sabtu (8/2).

Ia menjelaskan, hasil diagnosa pada saat pasien datang dan telah diperiksa secara keseluruhan oleh dokter yang menangani, hasilnya bisa dikatakan Nyonya Damayanti telah wafat, atau istilah medis itu Dead on Arrival (DOA).

“Jadi istilah tersebut digunakan pada pasien yang meninggal secara klinis sebelum sampai di rumah sakit. Jadi kalaupun ingin diketahui secara jelas apa penyebabnya, harus diperiksa oleh dokter forensik,” ungkapnya.

Selain itu, dokter Friskila juga mengaku, bahwa memang belum sempat melihat wajah dari pasien atas nama Nyonya Damayanti itu. Karena memang, pada saat pemeriksaan pasien, dirinya belum berada di rumah sakit.

“Itu tadi, karena saya kebagian jaga sore, jadi saya betul-betul belum lihat jenazah dari pasien. Tapi menurut informasi yang beredar, katanya itu istri almarhum Chrisye,” ujarnya.

Ia menambahkan, karena dirinya kebagian jadwal kerja sore, pada saat mulai masuk pun, ia hanya peralihan saja dari dokter sebelumnya. Tetapi pasien atas nama Nyonya Damayanti itu berdasarkan informasi, memang telah dibawa ke Jakarta oleh pihak keluarga.

“Jadi katanya pasien itu sebelum dibawa ke rumah sakit ini, dari tempat tinggalnya itu sempat dibawa ke klinik setempat. Tetapi mungkin direkomendasikan untuk langsung dibawa kesini, jadi langsung dokter tangani,” ungkapnya.

Terpisah, Humas RSUD Cimacan, Hendrawan, saat di konfirmasi Radar Cianjur menambahkan, bahwa memang ada salah seorang pasien istri almarhum Chrisye. Ia tidak begitu mengetahui secara jelas penyebab meninggal dunia pasien tersebut. Hanya yang jelas, pasien itu datang sekitar siang hari.

“Kurang tau juga apa penyebabnya. Karena itu wewenang dokter. Tapi yang jelas almarhum, sekitar pukul 15.00 WIB itu sudah diurus dan dimandikan, untuk kemudian dibawa ke rumah duka di Jakarta,” terangnya.

Sementara itu, anak mendiang Chrisye, Rayinda Prashatya atau Pasha dan Randa Pramasha atau Masha membantah kabar ibunya, Damayanti Noor meninggal karena strok.

Pasha mengatakan, ibunya tidak memiliki riwayat penyakit strok. “Kabar itu sebenarnya enggak benar,” kata Pasha, di rumah duka, Sabtu (8/2).

Menurut Pasha, selama ini mendiang ibunya memiliki penyakit darah tinggi. Semasa hidup, perempuan yang karib disapa Yanti itu rutin mengonsumsi obat. “Riwayat darah tinggi dikontrol. (meninggal) memang sudah waktunya menurut kita,” ujar Pasha.

Masha menambahkan, sebelum meninggal sang ibunda berangkat ke Puncak dalam keadaan sehat. “Beliau sempat mengeluh sakit sama temannya, pusing katanya. Dikasih air minum sama temanya, pas mau minum gelasnya sudah jatuh,” ujar Masha.

Yanti sempat dibawa ke klinik terdekat, tetapi kondisinya terbilang parah dan dipindahkan ke rumah sakit. “Pukul 12.45 WIB sudah dikatakan meninggal,” ucap Masha.

Almarhumah Damayanti sendiri dimakamkan satu liang lahat dengan mendiang suaminya, Chrisye di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Minggu (9/2) pagi.

Jenazah tiba di lokasi pemakaman sekitar pukul 09.00 WIB dengan diantar oleh kerabat serta keluarga dari rumah duka di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Suasana haru mewarnai prosesi pemakaman istri mendiang Chrisye tersebut. Terlebih, saat jenazah dimasukkan ke dalam liang lahat yang juga menjadi tempat peristirahatan terakhir Chrisye.

Kedua anak Damayanti Noor terlihat tampak tegar saat melepas kepergian ibunya untuk selama-lamanya.

Ucapan belasungkawa kepada pihak keluarga serta taburan bunga di atas makam tak henti-hentinya diberikan oleh para pelayat yang hadir.

Sejumlah rekan sesama selebritas juga tampak hadir di pemakaman Damayanti Noor, seperti Vino G. Bastian, Velove Vexia, Dwi Sasono, Widi Mulya, hingga Widyawati.

Pemilik nama lengkap Gusti Feroza Damayanti Noor itu menikah dengan musisi Chrisye pada 12 Desember 1982.

Pasangan Yanti Noor-Chrisye dikarunia empat anak. Anak ketiga dan bungsu pasangan ini merupakan anak kembar, yakni Pasha dan Masha Rahadi.(dan/jpnn)