Desa Cibodas Antisipasi Serangan DBD

ANTISIPASI: Petugas bersama pihak Puskesmas dan Pemerintah desa tengah melakukan fogging, guna antisipasi DBD. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Sejumlah kampung di Desa Cibodas, Kecamatan Pacet, mendapatkan penyembrotan atau fogging, Senin (10/2) sebagai antisipasi pencegahan dan meluasnya Demam Berdarah Dengue (DBD).

Camat Pacet, Yudi Suhartoyo mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan beberapa laporan warga yang terjangkit penyakit yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypti itu dalam dua pekan terakhir.

Mereka berasal dari tiga kampung berbeda, yakni Kampung Bebedahan, Selajambu, serta areal Paud. “Kita juga sudah melakukan sosialisasi dengan warga di beberapa ke RT-an sebelum melakukan pengasapan ini,” ujarnya.

Pihaknya berharap, fogging ini bisa efektif menghindarkan warga dari penyebaran DBD. “Dengan adanya fogging ini diharapkan tidak ada korban dan pasien yang terindikasi DBD, khususya di wilayah Kecamatan Pacet,” katanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sukanagalih, Agus Suhendar menuturkan, sebelum melakukan pengasapan di beberapa kampung di Desa Cibodas ini, pihaknya juga melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan mensosialisasikan kepada warga agar waspada.

“Karena memang keinginan warga dan pemerintah setempat, kita sama-sama tindaklanjuti dengan melakukan fogging. Tetapi hal ini memang hanya membunuh nyamuk dewasa saja, tidak sampai ke jentik,” jelasnya.

Berdasarkan data yang didapat di lapangan, Agus mengungkap sudah ada dua warga di wilayah Cibodas yang terjangkit DBD.

“Kita seharusnya lebih fokus ke PSN juga, karena hal itulah yang bisa memberantas sampai ke sarangnya,” ucap Agus.

Pihaknya mengimbau agar warga selalu membersihkan bak air dengan cara dikuras. Kemudian tidak boleh ada baju yang sudah dipakai dan digantung, serta cara-cara antisipasi lainnya.

Terutama 3M plus, yakni menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, dan menanam tanaman pengusir nyamuk.

“Diharapkan masyarakat lebih sadar tentang kebersihan, dan menjaga lingkungan setempat dengan cara yang sudah dianjurkan,” pungkasnya.(dan)