Herman Suherman Sudah ‘Pilih’ Wakil?

Menuju Pendopo

RADARCIANJUR.com – Bakal calon (balon) bupati petahana, Herman Suherman bersanding dengan Ketua DPD Partai Golkar Cianjur, Tb Mulyana Syahrudin. Keduanya pun sudah memasang tagline BHS-M hampir di seluruh titik di Kabupaten Cianjur.

BHS sendiri memang sempat dikenal dengan singkatan dari Bersama Herman Suherman. Namun, BHS sendiri kini sudah berevolusi menjadi Bergerak Hadirkan Semangat yang kerap kali dihadirkan dalam gelaran Cianjur Ngawangun Lembur (CNL). Tetap saja, inisial tiga huruf itu, BHS melekat pada sosok Herman.

Menyusul inisial M setelahnya. Adalah inisial Mulyana. Dalam beberapa kesempatan, keduanya memang kerap kali dipertemukan dalam beberapa momen. Maka tak heran, Herman pun disandingkan dengan Tb Mulyana sebagai wakil bupati.

Bannernya ada di mana-mana. Terkesan masif, banner dengan ukuran relatif mini itu ada di semua daerah pemilihan (dapil). Yang paling mudah ditemui, ada di jalan Panembong, Kota Cianjur. Apakah Herman sudah deal dan pasti berpasangan dengan Tb?

MASIF: Banner BHS-M atau pasangan Herman Suherman dan Tb Mulyana Syahrudin terpasang di mana-mana kemarin. Banner ini tak hanya ditemukan di wilayah kota Cianjur saja, namun juga di sejumlah lokasi di Cianjur Selatan.

Herman menjawab, dirinya belum memutuskan pasangan wakil bupati dari partai politik (parpol) manapun. Baginya, apa yang dilakukan sejumlah orang di luar sana masih dalam tingkat kewajaran. “Mungkin itu aspirasi dari masyarakat. Jadi, ya tidak masalah,” ujar Herman kepada Radar Cianjur.

Ada titik kekecewaan yang tersimpan dalam benaknya. Meski berbentuk dalam aspirasi namun sebaiknya banner tidak ditempel pada pohon. “Tapi tolong, jangan dipaku di pepohonan. Ini kan merusak. Tidak elok dan tidak boleh juga,” tambahnya.

Menanggapi foto dirinya ada di banyak banner, Tb Mulyana justru geleng-geleng kepala. Baginya, aksi puluhan banner yang ada di mana-mana itu di luar intruksinya. “Kami menghormati hasil rapat pleno beberapa hari lalu. Belum ada soal siapa bupati atau wakil bupati dari kami (DPD Golkar Cianjur),” ungkapnya, kemarin.

Tb pun menilai, aksi dari beberapa relawan merupakan bentuk aspirasi yang memiliki keinginan agar ia bersanding dengan incumbent. “Sah-sah saja soal insipirasi. Yang jelas di kami kan sudah ada nama-namanya (calon hasil pleno). Kita tetap berpatokan kepada itu,” paparnya.

Hal senada diungkapkan Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Cianjur, Dede Nasihin. Pihaknya tidak mengetahui mengenai adanya banner tersebut. Hanya saja, beberapa informasi memang sudah diterimanya. “Kalau informasinya kita sudah terima seperti di Cianjur Selatan. Tapi tidak tau kalau letak pastinya dimana,” ujarnya.

Ia pun tidak mempermasalahkan mengenai keberadaan banner tersebut. Menurutnya, hal tersebut merupakan pendapat masyarakat semata. “Sebetulnya itu kan pendapat masyarakat, silahkan saja selama baik-baik saja dan tidak ada black campaign,” tuturnya. (kim)