Penetapan DPT Cipanas Nyaris Ricuh

TEGANG: Nyaris bersitegang antara calon satu dan lainnya saat penetapan DPT di Desa Cipanas. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com -Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas nyaris ricuh. Hal itu disebabkan ketidakhadiran salah satu cakades lantaran sakit.

Pantauan Radar Cianjur, Senin (10/2) sore, cakedes lain tidak bisa menerima surat kuasa yang dibawa perwakilan dari cakades yang tidak hadir.

“Memang hampir bersitegang saat akan penandatanganan hasil DPT terakhir musyawarah,” terang Ketua PPKD Cipanas, Ceceng Ma’mun saat dikonfirmasi Selasa (11/2) petang.

Akan tetapi, suasana panas itu bisa diredam dengan langsung mendatangi cakades berhalangan di kediamannya disaksikan BPD dan Babinsa serta Babinkantibmas.

Dari kedatatangan tersebut, didapati cakedes bersangkutan memang benar sakit. “Memang tak bisa hadir, jadi dikuasakan ke timnya. Jadi hanya ada sedikit berbeda pendapat saja. Akhirnya sudah disepakati bersama,” ujarnya.

Dari penetapan tersebut, didapati jumlah DPT pemilih laki-laki 5.161, sedangkan perempuan sebanyak 4925, dengan total keseluruhan 10.086 pemilih.

“Tahapan selanjutnya proses kampanye. Nanti dilakukan koordinasi dulu supaya tahapan ini bisa berjalan lncar dan disepakati semua,” tambahnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada para cakades yang menyampaikan kritik membangun. “Selama kritikannya membangun bagi Desa Cipanas, kami akan menerima,” ujarnya.

Pihaknya berharap, para cakades bisa bersama-sama bersinergi dan mematuhi peraturan serta jangan sampai ada kesalahpahaman. “Mudah-mudahan lancar semuanya. Hingga nanti berakhir proses pilkades,” pungkasnya.(dan)