Kang Jabur Cipanas Dikukuhkan

KOMPAK: Relawan tukang jaga lembur 'Kang Jabur' siap bantu memberantas penyakit masyarakat. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkofimcan) Cipanas menggelar apel siaga kesiapan pengamanan pemilihan kepala desa (Pilkades) 2020 sekaligus pengukuhan Satgas Keamanan Sesa, Tukang Ngajaga Lembur atau ‘Kang Jabur’ se-Kecamatan Cipanas, di lapangan Istana Cipanas, Kamis (13/2).

Camat Cipanas, Latip Ridwan mengatakan, pengukuhan Kang Jabur Kecamatan Cipanas ini sebetulnya adalah inovasi untuk pengamanan swakarsa di masing-masing wilayah.

“Ini merupakan hasil korelasi Kapolres hingga Kapolsek serta Danramil. Yang nantinya badan ini dibentuk perwakilan di masing-masing ke-RT-an sebanyak dua orang,” terangnya.

Setelah pengukuhan di tingkat kecamatan ini, nanti akan dikukuhkan hingga ke tingkat kabupaten. Dengan tugas dan fungsi Kang Jabur ini, lanjutnya, untuk penanggulangan penyakit masyarakat, nantinya polisi juga dilibatkan.

“Secara umum, Babinkamtibmas, Babinsa, dan hansip itu merupakan koordinator dan pengawas. Nanti ke depannya Kang Jabur ini menjadi relawan kesadaran dan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan di masing-masing wilayah,” jelasnya.

Menurutnya, program ini sangat efektif, sebab mereka dibangun dengan rasa sosial, kepedulian, serta rasa memiliki di masing-masing kampungnya. Jadi tidak memerlukan biaya APBD dan APBN karena ini murni kesadaran pribadi.

“Hal ini sebetulnya harus terus dipelihara sampai program-program selanjutnya mulai tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, dan nasional bisa terlaksana baik,” ujarnya.

Terkait demokrasi di Kecamatan Cipanas, Latip mengatakan, sudah berjalan cukup bagus dan dinamis. Ketika ada pergolakan di lapangan, menurutnya itu merupakan satu warna yang lumrah terjadi di setiap daerah atau wilayah masing-masing.

“Mudah-mudahan saja masyarakat Cipanas semakin pintar membangun, mewujudkan, dan menciptakan pemimpin yang terbaik dari yang baik,” tandasnya.(dan)