Ketua Dewan Tantang Mahasiswa

Universitas Suryakancana Cianjur

RADARCIANJUR.com – Ketua DPRD Cianjur Ganjar Ramadhan meminta mahasiswa dan generasi milenial agar tak patah arang dalam menciptakan masa depan. Bangku sekolah dan kampus adalah cara terbaik melatih diri menghadapi kehidupan setelah lulus kuliah.

Ia mengisahkan perjalanan kariernya setelah lulus sekolah dimana ia dua kali mendaftar sebagai anggota TNI dan sekali sebagai anggota Polri. Tapi ketiga usahanya itu gagal.

“Saya lalu mendaftar menjadi guru honorer dengan honor Rp300 ribu per bulan, saking inginnya menjadi PNS,” ujar Ganjar saat menjadi pembicara di Universitas Suryakancana, Jumat (14/2).

Ganjar mengatakan, semua kegagalan ia jadikan pelajaran. Di tengah suasana tersebut ia terus mencari peluang untuk tetap beraktivitas dan mengembangkan dirinya.

“Selagi jadi guru honorer, saya juga sempat ikut menjadi bagian dalam even organiser yang kerjanya keliling Jawa Barat,” kata Ganjar.

Menurutnya, kesempatan dengan membuka diri dan memanfaatkan informasi dari kenalan baru sangat bermanfaat. “Sampai saya bertemu dengan orang yang menginformasikan adanya sekolah kader muda Gerindra,” kata Ganjar.

Lika-liku kehidupan yang dilewati selalu ia nikmati. “Mahasiswa dan kaum milenial sekarang sangat punya peluang besar untuk merencanakan masa depan,” katanya.

Sherly Annavita Rahmi, milenial influencer yang juga jadi pembicara mengatakan, bahwa generasi muda dan mahasiswa harus kreatif dan jernih melihat peluang.

“Harus punya impian, dalam 15 tahun mendatang harus ada target. Jadi diri sendiri dan tak ikut mengekor kepada yang sudah umum,” katanya.

Selain itu, kualitas diri juga harus terus diperbaiki agar meningkat dari segi pemikiran dan gaya hidup. “Akan ada jawaban berbeda dari setiap manusia yang levelnya berbeda, yang optimistis biasanya levelnya paling atas,” katanya.(dil)